KARIMUNKEPRI

PT Timah TBK Pindahkan Kegiatan Operasi Produksinya ke Perairan Kecamatan Tebing

KARIMUNTODAY.COM, KARIMUN – PT Timah Unit Kundur berencana akan memindahkan pengoperasian kapal keruk dan kapal isapnya, dari wilayah perairan di sekitar Pulau Kundur menuju perairan Pulau Karimun, tepatnya di wilayah Desa Pongkar Kecamatan Tebing.

Pemberitahuan pengoperasian itu ditandai dengan penyerahan dukungan dari beberapa Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan, terhadap kegiatan operasi timah di wilayah IUP DU 747 D, Selasa (8/10/2019) di Gedung Nasional.

Disejalankan dengan sosialisasi penyuluhan hukum kegiatan penambangan dari Kejari Karimun. “Pemindahan operasi ke perairan di Kecamatan Tebing, karena produksi di Kundur sudah menurun, sehingga kami perlu pindahkan lokasi produksi ke tempat lain, yang masih kami miliki tepatnya di Kecamatan Tebing,” kata GM PT Timah Wilayah Riau dan Kepri, Adang Darmawan.

Kata Darmawan, segala perizinan termasuk Amdal sudah dikantongi sejak beberapa tahun silam. Namun dirasakan baru bisa melakukan pemindahan operasi ke wilayah Kecamatan Tebing. “Izin kami sejak 2011 dan berakhir hingga 2025. Baru dapat kita pindahkan pengoperasian produksi tahun ini,” katanya.

Sementara, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, dimasa kepemimpinannya tidak satu pun izin yang dikeluarkannya. Artinya, seluruh perizinan dan rekomendasi yang diperlukan adalah dimasa kepemimpinan Bupati Karimun sebelumnya, yakni Nurdin Basirun.

“Ketika PT Timah mulai melakukan pemindahan produksi, kami minta agar ini disosialisasikan dan lakukan pendekatan kepada masyarakat nelayan. Alhamdulillah KUB di Kecamatan Tebing telah mendukung,” ujar Rafiq.

Rafiq juga menghimbau agar dapat sama-sama mengawasi persoalan yang ada, mulai dari dampak lingkungan dan ekosistim. Dimana PT Timah harus komitmen bersama masyarakat, untuk mengatasi dampak lingkungan akibat usaha pertambangan tersebut,” Tutup Rafiq (*)

Laporan   : Gan
Editor       : Indra H piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: