KEPRINATUNA

Wan Siswandi Buka Diklat Bahasa Inggris Pemandu Wisata Natuna

KARIMUNTODAY.COM, NATUNA – Guna mendukung Geoprak Nasional di Wilayah Perbatasan Natuna Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna mengadakan Diklat Keterampilan bagi pencari kerja “Bahasa Inggris” Pemandu Wisata (Tour Guide), Kamis (3/10/2019) di BLK Disnaker Natuna.

Kegiatan ini di Buka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi, pada kesempatan nya Siswandi menyebutkan bahwa Natuna sangat membutuhkan pemandu wisata handal dalam membantu para turis yang berkunjung ke Natuna.

“Sebab kedepan tidak tertutup kemungkinan Natuna akan banyak dikunjungi dari berbagai negara seperti Amerika, Eropa dan Australia akan membutuhkan pemandu Wisata” tutur Siswandi.

Namun untuk meningkatkan sektor Pariwisata ini selain Dinas Pariwisata, harus bisa bersinergi semua pihak baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) misalnya Infrastrukturnya dikerjakan Dinas Perkim, kebersihannya BLH dan termasuk juga disnaker. Sebab luas Natuna hampir 90 persen adalah laut, maka potensi yang cocok dikelola adalah pariwasata.

Sekda Natuna, Wan Siswandi saat membuka acara

Dia meminta kepada Disnaker selain kursus bahasa Inggiris bisa juga dibuka kursus Diving kedepan, dan kepada peserta Diklat diharapkan untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius juga untuk membuka lapangan kerja bagi pemandu Wisata di Natuna.

Sementara itu, Kepala Disnaker Natuna Hussaini, menyebutkan bahwa Kegiatan Pelatihan dan pendidikan Bahasa Inggris Pemandu Wisata ini terleksana atas kerjasama lembaga Choise English Course, Kota Pare, Kediri, Jawa Timur, mendatangkan Dua tenaga pembimbing Choise English Course, yakni, Slamet Raharjo dan Bentri Dwi Jannah untuk kelas di Speaking (percakapan), Vocabulary (Kosakata) dan Lecture (ceramah) untuk paket tiga bulan.

“Keduanya merupakan lulusan Bahasa Inggiris Tahun 2019 telah teruji, bahkan kata Husaini, di Kota Pare lebih dari Dua ratusan lembaga Bahasa Inggiris telah berdiri sehingga daerah itu lebih dikenal dengan kampung Bule” paparnya.

Adapun Diklat Bahasa Inggris Pemandu Wisata ini diikuti oleh 16 peserta penggiat wisata dari sejumlah Kecamatan se-Kabupaten Natuna, di Bawah bimbingan lembaga Choise English Course, Kota Pare, Kediri, Jawa Timur.

Diakhir kegiatan ini peserta yang dinyatakan mampu menguasasi materi selama mengikuti pelatihan akan mendapat sertifikat dari lembaga Choose English Course bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Laporan : Merni Lasmita
Editor     : Indra H Piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: