JAWA TENGAHNASIONAL

NCW Sumsel Mendukung Pemerintah Memberantas Peredaran Barang Illegal

KARIMUNTODAY.COM, SUMSEL – Maraknya peredaran barang-barang illegal mengakibatkan stabilitas ekonomi terganggu serta menimbulkan kerugian negara dari sektor pajak dan cukai. Selain itu, masyarakat sebagai konsumen juga terancam dengan peredaran barang yang membahayakan  bagi kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan Sumatera Selatan, Achmad Mirza, MM dalam diskusi publik dengan tema cegah peredaran barang illegal guna menunjang stabilitas ekonomi nasional yang digelar oleh Lembaga Investigasi Tindak Pidana Korupsi (LI TPK) di AZZA Hotel Jl. Kapten Anwar Sastro no. 1296 Kota Palembang 31/10).

“Kami beberapa kali menghadiri pemusnahan barang illegal hasil penindakan diantaranya rokok, kosmetik,narkoba, ballpres, minuman dan lain lain yang biasa beredar dimasyarakat Sumsel untuk melindungi masyarakat dari bahan berbahaya serta mencegah kerugian besar negara dari potensi pajak dan cukai, dan selanjutnya kedepan kami masih sangat membutuhkan bantuan, dukungan dan peran serta masyarakat dalam memberantas peredaran barang illegal”  ungkap Mirza.

Dalam diskusi yang digelar sehari oleh LI TPK Sumsel tersebut, juga melibatkan kalangan akademisi dari Universitas Sriwijaya, Universitas Candradimuka, pelaku usaha, LSM, tokoh masyarakat lainnya.

Prof.Dr. H. Didik Soesetyo, M.Si dari univ. Sriwijaya yang turut hadir dalam diskusi sebagai narasumber menyatakan,bahwa maraknya peredaran barang ilegal diwilayah Sumsel karena kurangnya koordinasi antar sesama aparat penegak hukum sehingga saling menunggu aturan kebijakan baru.

” Persoalan ini ya karena kurang koordinasi sesama penegak hukum. Peredaran barang illegal diperlukan langkah-langkah preventif dan represif secara nyata serta penyamaan persepsi dan koordinasi antar sesama aparat penegak hukum” ungkap Prof. Dr  Didik Soesetyo.

Hal senada dengan Kepala Bea cukai Sumsel, Ormas Nasional Corruption Watch (NCW) menyambut baik komitmen dari aparatur bea cukai dalam memberantas peredaran barang illegal diwilayah Sumsel.

“Kami Ormas NCW akan membantu aparat bea cukai dan aparat lainnya dalam memberantas peredaran barang illegal, tentunya dengan memberdayakan anggota ormas yang tersebar diberbagai wilayah guna melakukan pengawasan serta mengedukasi masyarakat tentang ancaman barang ilegal bagi kesehatan konsumen serta bagi kelangsungan hidup bernegara kita ” ucap Ruben Alkatiri, SH, Ketua DPW NCW Sumsel.

Selama ini NCW telah beberapa kali memberikan informasi tentang berbagai tindak kejahatan dan barang bukti yang kami  ketahui untuk segera ditindaklanjuti aparat yang berwenang, sesuai dengan tupoksi kami sebagai LSM untuk melakukan cek and balance serta mengedukasi masyarakat.

Dalam hal pemberantasan peredaran barang illegal diwilayah Sumsel kami sangat mendukung aparat pemerintah baik bea cukai, TNI-Polri serta aparatur pemerintah terkait untuk bergandengan tangan dan menyamakan persepsi guna melindungi masyarakat dari beredarnya bahan berbahaya serta menunjang stabilitas ekonomi nasional ” pungkasnya (*)

Laporan   : Nurulyadi
Editor       : Indra H piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: