KARIMUNKEPRIKUNDUR

Ruas Jalan Seribu Bunsai Kecamatan Kundur, Kembali Dikepung Asap

KARIMUNTODAY.COM, KUNDUR – Kabut asap kembali mengkhawatirkan masyarakat dan mengepung Ruas Jalan Seribu Bunsai Desa Sengai Sebesi, Kecamatan Kundur,Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, kabut asap yang kian menebal juga menyebabkan gangguan pernapasan. Selain telah menyebabkan gangguan saluran pernapasan, kabut asap tersebut juga mengakibatkan mata perih dan berair.

Hasil pantauan karimuntoday.com, Selasa pagi sekitar pukul 06.30 pagi (5/11/19), kabut asap cukup menjerebu, tepatnya dijalan Seribu Bunsai Desa Sungai Sebesi Kecamatan Kundur. Meskipun penyebab penyakit adalah Virus, namun paparan kabut asap yang intens juga dapat melemahkan kemampuan paru-paru dan saluran pernapasan untuk melawan infeksi, sehingga akan meningkatkan resiko seseorang untuk terkena, Inpeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa) terutama pada anak-anak usia dini dan juga lansia.

Selain itu, salah satu penyebab Asma ialah buruknya kualitas udara, seperti kabut asap akibat karhutla yang membawa partikel berukuran kecil yang dapat masuk kesaluran pernapasan dan mengganggu sistem pernapasan. Yang sangat mengkhawatirkan juga, jika masyarakat terinpeksi oleh, Penyakit Paru Obstuktif Kronik (PPOK), yang merupakan penyakit radang paru-paru, yang salah satu jenisnya seperti bronkitis, sehingga kabut asap dapat memperburuk kinerja paru-paru dan dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan PPOK.

Nofa, Salah seorang ibu rumah tangga yang sempat dijumpai karimuntoday.com didepan Sekolah Luar Biasa (SLB) Desa Sungai Sebesi Kecamatan Kundur, meminta agar asap yang sudah sangat mengkhawatikan, untuk segera diatasi.

Dikatakan, Nofa, asap tersebut sudah menjadi penyebab anak-anak terganggu saluran pernafasan dan sangat dikhawatirkan,akan menyebabkan anak-anak usia dini, menderita penyakit seperti, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa) dan juga Iritasi pada mata,”  ungkap, Nofa, pada karimuntoday.com, Selasa (5/11/19).

Yuspandi, Sekretaris Desa Sungai Sebesi yang dihubungi karimuntoday.com, Selasa (5/11/19) untuk diminta keterangan, mengatakan. Kabut Asap yang mengepung Ruas JalanSeribu Bunsai, Desa Sungai Sebesi, Kecamatan Kundur, disebabkan oleh lahan milik warga yang terbakar diparit Tegak Desa Sungai Sebesi.

Menurut Yuspandi kabut asap tersebut kuat menebal diwaktu pagi, dan insya Allah akan segera dilakukan pemadaman,” ungkap Yuspadi, selaku Sekretaris Desa pada karimuntoday.com. (*)

Laporan  : Majid
Editor      : Indra H piliang

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: