KUANSINGRIAU

Dukcapil Kuansing Sebut Permohonan Pembuatan KTP Elektronik Cukup Tinggi

KARIMUNTODAY-COM, TELUK KUANTAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi, provinsi Riau, menyebutkan tingkat permohonan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di kabupaten Kuansing ini cukup tinggi, namun ketersediaan blangko masih terbatas.

“Sejak beberapa bulan ini, sampai saat ini blangko KTP elektronik masih terbatas Sementara pemohon KTP elektronik cukup tinggi sebab sampai saat ini yang sudah melakukan perekaman mencapai 4000 orang,” kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Abdul Razak Senin di ruangan nya Senin,02/12/2019.

Abdul Razak menjelaskan penyebab blangko KTP elektronik terbatas karena kuota blanko E-KTP terbatas sesuai dengan kemampuan dirjen dukcapil kabupaten kuantan Singingi di beri kuota blanko E-KTP 500 keping perbulan Sedangkan kebutuhan Blangko E-KTP perhari 200 keping “Namun Masyarakat harus tetap kita layani, meskipun mereka hanya mendapatkan suket,” katanya.

Dikatakan, suket KTP elektronik ini memiliki fungsi yang sama dengan KTP namun hanya berlaku selama 6 bulan sejak tanggal dicetak. Karenanya, jika ada masyarakat yang sudah memegang suket lebih dari enam bulan disarankan untuk segera memperpanjang.

Ditambahkan nya proses pelayanan pembuatan KTP elektronik langsung jadi akan diberlakukan kembali secara normal mudah-mudahan tahun 2020 mendatang, ujarnya

“Kami berharap masyarakat bersabar dan dapat memaklumi kondisi ini,” katanya.

Menurut penilaian Abdul Razak tingkat kesadaran masyarakat di Kabupaten Kuansing terhadap kepemilikan dokumen kependudukan relatif sudah baik, hal itu dapat terlihat dari antusias masyarakat datang mengurus dokumen kependudukan.

“Untuk permohonan KTP saja, dalam sehari mencapai 200 orang. Pemohon berasal dari warga yang masuk usia 17 tahun, pindah dan ganti status,” ucapnya (*)

Laporan   : Roder
Editor       : Indra H piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: