KEPRILINGGA

Polres Lingga Gelar TFG dalam Rangka Operasi Mantap Brata 2023, Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

KARIMUNTODAY.COM, LINGGA – Dalam rangka menghadapi Pemilu serentak pada tahun 2023-2024 dan sebagai wujud kesiapan pengamanan pemilu, Kepolisian Resor Lingga menggelar Tactical Floor Game (TFG) Sispamkota bertempat di Gedung Endra Dharma Laksana, Jumat (13/10/2023) malam.

Kegiatan TFG ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2023-2024 yang di pimpin langsung oleh Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, S.I.K, M.H dan di Pejabat Utama Polres Lingga beserta Periwra dan Personil Polres Lingga.

Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, S.I.K, M.H menyampaikan Tactical Floor Game ini merupakan salah satu skenario yang dirancang untuk menghadapi kontijensi menjelang Pemilu.Tujuannya agar personil dapat memahami tindakan apa yang harus dilakukan saat menghadapi kontijensi dalam tahapan Pemilu tahun 2023-2024.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk persiapan khusus yang dilakukan oleh Polres Lingga guna memastikan pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar, aman, damai dan nyaman, semua pihak diharapkan dapat berpartisipasi dengan damai dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi,”jelas Kapolres.

AKBP Fadli menambahkan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) ini menjadi wadah untuk berdiskusi, berkoordinasi, serta menyusun strategi pengamanan yang efektif demi menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu. Polres Lingga berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam menjaga proses demokrasi ini agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Simulasi kita gambarkan dalam kegiatan ketika kondisi atau distrik yang awalnya dalam keadaan aman,kemudian secara berangsur terjadi peningkatan eskalasi menjadi rawan dan sangat rawan. Semua kita praktikan dalam situasi aman, kemudian situasi hijau, kuning dan merah. Sehingga semua personil dalam keadaan siap mulai dari personil Polres Lingga yang melaksanakan Pam pada pleno PPD, tim negosiator, hingga tim tindak dalam bentuk penegakan Hukum,” kata Kapolres

Di tempat yang sama KabagOps Polres Lingga AKP Efendi Ali, S.IP, M.H mengatakan kegiatan ini untuk melatih respon menghadapi ancaman saat pemilu.

“Tactical Floor Game ini sangat penting untuk melatih respon menghadapi segala situasi dan ancaman yang memungkinkan terjadi selama pemilu berlangsung, dimana di dalamnya terdiri dari 6 satgas yaitu Preemtif, Preventif, Kamseltibcarlantas, Gakkum, Humas, dan Ban Ops yang masing-masing akan memiliki peran, tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab,” tegasnya.

KabagOps menjelaskan pelaksanaan Simulasi ini menggambarkan kegiatan ketika kondisi pada tahapan pelaksanaan Pemilu serentak terjadi ketidakpuasan sekelompok massa dengan hasil pemilu yang awalnya dalam keadaan aman, kemudian secara berangsur terjadi peningkatan eskalasi menjadi rawan dan sangat rawan.

“Kegiatan TFG ini mencerminkan komitmen Polres Lingga dalam memastikan kelancaran Pemilu 2023-2024 dan memberikan rasa percaya diri kepada masyarakat bahwa proses demokrasi akan berlangsung dengan aman dan tertib.” tutup Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, S.I.K, M.H.(*/VW)

Loading...
 

Tags
Close
Close