JAWA TENGAHNASIONAL

Sambut Malam Pergantian Tahun Baru, Ratusan Warga Grobogan Gelar Sholawatan

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Banyak hal dilakukan warga dalam menyambut malam pergantian tahun. Seperti halnya yang dilakukan ratusan warga di kecamatan Gubug,Grobogan,Jawa Tengah (01/20) mengumandangkan sholawat di halaman pendopo kecamatan Gubug.

Kegiatan ini dilakukan selain sebagai bentuk syukur kepada Tuhan juga sebagai upaya mengantisipasi kegiatan negatif menjelang malam pergantian tahun baru 2020.

Ratusan warga di kecamatan Gubug, Grobogan,Jawa Tengah, mengisi malam pergantian tahun dengan mengumandangkan sholawat dengan diiringi tarian sufi dan kesenian hadzroh. Meski sempat diguyur hujan deras, warga tetap antusias mengikuti kegiatan sholawatan di halaman pendopo kecamatan Gubug.

Menurut Soikhin, Ketua panitia kegiatan Gubug Sholawat mengatakan, pantia sengaja melaksanakan kegiatan tersebut rutin setiap tahun saat menyambut malam pergantian tahun baru. Selain untuk mengangkat seni tari sufi dan hadzroh lokal, kegiatan sholawatan tersebut sebagai bentuk muhasabah atau introspeksi diri dengan datangnya tahun baru.

“ Ini kegiatan rutin setiap tahun kita kemas dengan solawatan diriingi tarian sufi dan seni hadzroh. Ini untuk mengakat kesenian lokal. Selain itu dengan adanya kegiatan ini,sebagai muhasabah, introspeksi diri dengan datangnya tahun baru agar kedepan lebih baik lagi dibandingkan tahun lalu,” ucap Solikhin

Sementara itu Camat Gubug, Achmad Basuki Mulyono, mengatakan kegiatn rutin setiap tahun ini dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan dengan datanganya tahun baru sekaligus untuk mengantisipasi mengurangi kegiatan negatif yang seringkali terjadi pada malam pergantian tahun baru.

“ Ini agenda rutin kita lakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, sekaligus untuk mengurangi kegiatan negatif yang seringkali terjadi pada malam tahun baru,” terangnya

“Kedepan semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan terus, tidak hanya di kecamatan Gubug saja tapi bisa dilaksanakan di kecamatan lain di kabupaten Grobogan,” pungkasnya

Kegiatan tersebut diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan bangsa agar bangsa Indonesia pada tahun 2020 agar aman damai dan sejahtera. (*)

Laporan   : Nurulyadi
Editor       : Lukman Hakim
Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: