KUANSINGRIAU

Kades Pulau Aro Paparkan Visi dan Misi Pada Musyawarah Desa

KARIMUNTODAY.COM, TELUK KUANTAN – Herlianto Kepala Desa Pulau Aro, Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, menyampaikan visi dan misi 5 Tahun ke depan di Teluk Kuantan, Selasa (11/2/2020).

Dalam musyawarah desa sebanyak lebih dari 50 orang warga yang hadir, yang terdiri dari unsur perangkat desa, anggota BPD, Ketua RT/RW, kader PKK, Pos Yandu, Pos lansia, pengurus Surau dan mesjid serta pengurus kelompok tani dan Turut hadir 2 orang anggota DPRD kabupaten Kuantan singingi, ibu Hj Yuniwarti dan Gusmir Indra.

Hasil musyawarah ada beberapa usulan yang menjadi prioritas yaitu pembangunan dibidang pertanian dan perkebunan sesuai dengan mata pencaharian utama masyarakat desa Pulau Aro, untuk perkebunan pemeliharaan infrasruktur jalan produksi, di sektor pertanian lebih cendrung ke persawahan yang saat ini masih tadah hujan, sebagai alat penunjang untuk pengairan pemerintah desa telah membangun 1 unit sumur bor artetis, tapi masih dianggap kurang sebagai sumber air untuk mengairi areal persawahan.

Menurut Herlianto, kebutuhan sumur bor artetis untuk persawahan sebanyak 5 titik tetapi baru terealisasikan 1 titik karena mengingat penghematan dana desa untuk keperluan lainnya. Jadi pada saat ini masih ada kekurangan 4 titik lagi. Selain itu pembangunan saluran irigasi, lebih kurang 500 meter sangat dibutuhkan untuk mengatur air ke areal persawahan, pada kesempatan ini herlianto juga menyampaikan harapan agar dinas pertanian kabupaten dapat memasukkan dalam anggaran APBD tahun depan ataupun dalan APBD perubahan tahun ini, mengingat pentingnya air untuk persawahan tersebut.

Di bidang perikanan desa Pulau Aro sudah mendapatkan bantuan sebanyak 12 petak kolam ikan bantuan dari dinas Perikanan dan dalam musrenbang ini anggota kelompok mengajukan proposal ke dinas perikanan untuk mendapat bantuan bibit ikan serta pakan ikan,” ungkap Anto

Sedangkan untuk Pengembangan Bumdes, pemerintah desa telah menyertakan modalnya sebanyak Rp 250.000 000, yang bersumber dari dana DD Rp. 80.000.000 dan dari bankeu Rp 170.000.000, dana tersebut alhamdulillah telah dimanfaatkan oleh pengelola Bumdes Inayan Permai yang telah mempunyai unit dagang saprodi dan simpan pinjam, simpan pinjam merupakan peralihan dari program pemberdayaan UED SP, sebut kades. Anto

Selain pembangunan, pemerintah desa lebih fokus terhadap pemberdayaan masyarakat di bidang pelatihan-pelatihan masyarakat, baik pelatihan dibidang pertanian, perkebunan, perikanan, sebagai pelaku usaha perumahan, maupun usaha kreatif untuk anak muda. Menciptakan wisata buah khususnya untuk Ibu-ibu TP-PKK desa dengan menggalakkan menanam sayur-mayur dan buah-buahan yang memanfaatkan lahan tidur.

jika kita mempunyai ladang pertanian di desa maka tidak perlu membeli kepada pedagang sayuran keliling cukup membeli di desa ujar Kades desa juga mempunyai Program masyarakat sehat yaitu sehat jasmani dan rohani sehat rohani, yang mana untuk sehat jasmani dilaksanakan senam sehat setiap hari minggu sore sementara untuk sehat rohani ceramah agama melalui BKMT tingkat desa, program ini baru mulai berjalan dari bulan Januari, masyarakat pun antusias dalam mengikutinya.

Di bidang agama pemerintah desa juga mengadakan lomba MTQ tingkat desa, untuk yang juara 1,2, dan 3 di latih oleh LPTQ desa untuk disiapkan menuju mtq tingkat kenegrian guna pencarian bibit unggul untuk perwakilan pada lomba-lomba di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan nasional pungkas kades energik.

Dengan adanya kucuran dana desa semoga seluruh lapisan masyarakat saling bahu membahu dalam pembangunan desa sehingga dana desa dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat desa Pulau Aro yang berjumlah 360 KK ini.

Kades menambahkan.Selama menjabat kepala desa ia berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, mengurangi angka kemiskinan serta bisa mensejahterakan masyarakat,” tutur Anto (*)

Laporan  : Lidia Ningsih ST
Editor      : Lukman Hakim

Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: