RIAUSIAK

Pemkam Minas Barat Gelar Musrenbang 2021, Ayang: Meningkatkan Lapangan Kerja Adalah Prioritas Kita

KARIMUNTODAY.COM, SIAK – Pemerintah Kampung (Pemkam) Minas Barat, menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung (Musrenbangkam) untuk tahun Anggaran 2021.

Dengan dipimpin Ayang Bahari Penghulu Kampung Minas Barat, beserta Koko Saputra S.Sos Ketua Bapekam setempat, Musrenbangkam ini pun tampak berlangsung di gedung museum Suku Sakai, Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Senin (10/02/2020).

“Musrenbangkam ini adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional, dan rencana pembangunan kampung kedepannya. Pemangku kepentingan disini adalah segenap pihak yang terkait dengan pembangunan Kampung.” Kata Ayang Bahari kepada Wartawan seusai kegiatan itu berlangsung.

Lanjut Ayang, Musrenbangkam kali ini merupakan yang terakhir digelar untuk kampung dan kelurahan Se Kecamatan Minas. Dia juga mengatakan bahwa kegiatan ini digelar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Sebelum kita memasuki tahun 2021 maka diutamakan dulu Musrenbang di tahun ini untuk rencana pembangunan di tahun depan. Oleh karenanya di awal tahun 2020 ini kita mengadakan kegiatan Musrenbang ini. Tujuannya agar nantinya penetapan anggaran sesuai dengan ketentuan maupun peraturan dan undang-undang. Di situ ada pemberdayaan dan ada juga fisik.” Katanya.

Ayang melanjutkan, “untuk persentasenya nanti kita menunggu dari Kabupaten, apakah 60/40 ataukah 70/30. Namun kalau ditanya keinginan kami selaku PJ Penghulu Kampung Minas Barat anggaran yang nantinya dikucurkan ataupun diberikan kepada pihak desa mudah-mudahan dapat bermanfaat dan membantu maupun menunjang ekonomi masyarakat.” Harapnya.

Oleh karena itu lanjut Ayang, pihaknya pun berharap dan memohon kepada anggota DPRD Kabupaten Siak yang mewakili Kecamatan Minas khususnya, yakni Paramananda Pakpahan dari Fraksi Gerindra beserta Suryono dari Partai Nasdem agar kiranya mau memperjuangkan aspirasi masyarakat terutama sekali di Kampung Minas Barat.

“Usulan yang masuk di Musrenbangkam tadi untuk tahun 2021 nanti, yang masuk lebih banyak ke pemberdayaan masyarakat seperti pertanian dan peternakan, sebab disini pemerintah untuk kedepannya nanti bertekad untuk mengurangi angka kemiskinan maupun meningkatkan tenaga kerja atau menciptakan lapangan kerja,” jelasnya.

Maka rencana kedepan kata Ayang, pihaknya akan membentuk kelompok tani, “misal ada 10 kelompok nantinya perkelompok ada 5 orang kan sudah 50 orang yang dapat kita berdayakan, dengan terbentuknya kelompok tani ini tentunya juga termasuk dapat mengurangi angka pengangguran khususnya di kampung kita ini, jadi tekat kita seperti itu.” Jelasnya.

Musrenbangkam ini tampak dihadiri oleh Camat Minas H Hendra Adi Nugraha yang diwakili oleh Dornasi Pangaribuan SH selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kampung Dan Kelurahan (PMKK).(*)

Laporan  : Idris Harahap
Editor      : Lukman Hakim
Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: