JAWA TENGAHNASIONAL

Penyerahan 46.063 KIA, Kabupaten Grobogan Kembali Pecahkan Rekor Muri

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN,- Rekor Muri kembali diraih Kabupaten Grobogan untuk ketujuh kalinya. Kali ini untuk kategori Kartu Identitas Anak (KIA) terbanyak se-Indonesia. Sebelumnya rekor ini pernah diraih Kabupaten Bantul pada 2019 lalu.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Senior Manajer Museum Rekor Indonesia, Sri Widayati, kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni, di Alun-alun Purwodadi, Rabu (27/1/2020). Dalam kesempatan tersebut juga hadir Wakil Gubernur Jateng, Taj Yassin, hadir pula Forkopimda.,Kepala OPD, serta Camat se-Kabupaten Grobogan.

Menurut Sri Sumarni, Bupati Grobogan dalam sambutannya mengatakan, penerbitan KIA ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016. KIA adalah upaya pemerintah untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan identitas kependudukan kepada seluruh Warga Negara Indonesia yang berlaku secara Nasional.

“KIA, bisa membantu anak-anak Kabupaten Grobogan untuk mendapatkan hak-haknya, seperti mendaftar sekolah,saya berharap, KIA yang sudah diserahkan ini bias dipergunakan dengan baik,” ucap Sri Sumarni

Senior Manajer MURI, Sri Widayati mengatakan, pemecahan rekor kategori KIA di Kabupaten Grobogan sejumlah 46.063 buah ini terbanyak. Sebelumnya, rekor ang sama pernah diraih Kabupaten Bantul,namun jumlahnya sebanyak 10.169 keping pada tahun 2019 lalu.

”Rekor ini tercatat dalam Rekor Muri dengan nomor 9411, dan penghargaan Rekor Muri yang diterima Kabupaten Grobogan ini bukan untuk yang pertama kalinya, tetapi sudah tujuh rekor yang tercatat di Muri, ini yang ketujuh,” terang Sri Widayati.

“ Tujuh rekor lain itu, Festival Tayub Terlama, Bakar Jagung Terbanyak, Permainan Tradisional dengan Jenis Terbanyak, Rangkaian Tongkol Jagung Terpanjang, Mi Jagung dengan varian pewarna alami terbanyak, Touring Serempak dengan jumlah jenis kendaraan terbanyak, serta pembuatan tempe terbesar pada 2017 lalu.

 Sementara itu, Wakil Gubernur Taj Yassin, mengaku bangga atas keseriusan Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam memperhatikan hak-hak anak.

“ Saya bangga dengan perolehan rekor ini, dengan adanya KIA sangat bermanfaat bagi anak-anak, seperti mencegah tindakan melawan hukum seperti perdagangan anak, penculikan, bahkan kekerasan terhadap anak, tolong disimpan baik-baik semoga bias bermanfaat,” pinta Taj Yassin. (*)

Laporan   : Nurulyadi
Editor       : Lukman Hakim
Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: