JAWA TENGAHNASIONAL

Puluhan Warga Pelaku Usaha Mengikuti Workshop Kewirausahaan

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Puluhan warga Desa Baturangung Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah, mengikuti workshop kewirausahaan yang diadakan para mahasiswa IKIP PGRI Semarang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada warga agar bisa mengembangkan usahanya lewat pasar digital.

Sebanyak 120 warga Desa Baturangung Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah mengikuti workshop kewirausahaan di balai desa setempat (05/02).  Warga yang mayoritas ibu-ibu ini merupakan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang ada di desa Baturagung. Dalam workshop yang mengambil tema Upaya Meningkatkan Kreativitas Program Unggulan Desa Baturagung Berbasis Digital Marketing Menuju Desa Tangguh Dan Mandiri, tersebut narasumber memberikan pemahamanan kepada para ibu-ibu bagaimana mengembangkan usaha mereka tidak hanya melalui pasar tradisional tetapi juga bisa mengembangkan usahanya melalui pasar online di era digital ini.

Menurut Fitria Lutfiana, panitia kegiatan workshop mengatakan  workshop kewirausahaan diadakan atas kerjasama mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang dengan Disporabudpar Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada warga agar bisa mengembangkan usaha mereka agar lebih maju melalui pasar online.

“Kegiatan ini hasil kerjasama kita dengan Disporabudpar Provinsi Jawa Tengah, tujuannya untuk membekali warga pelaku bisnis agar bisa megembangkan usahanya secara online dan bisa packing yang menarik, sehingga kedepan bisa  menjadi desa yang tangguh dan mandiri,”ucap Fitria

Sementara itu, Ummi Kulsum, warga desa Baturagung yang sudah menekuni usaha opak sejak 2014 ini mengaku senang bisa mengikuti kegiatan workshop sehingga bisa mengembangkan usahanya lebih baik lagi.

“Saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan workshop  kewirausahaan ini, bisa menambah pengetahuan dan semoga usaha saya bisa lebih baik lagi,”ungkapnya

Pihak desa menyambut baik dengan diadakannya workshop kewirausahaan tersebut. Dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat bagi warga Desa Baturagung terutama para pelaku UMKM yang selama ini belum berkembang.

“Kita menyambut baik dengan adanya workshop kewirausahaan yang diadakan mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang ini, semoga bisa bermanfaat bagi warga dan bisa membantu warga untuk mengembangkan usahanya melalui online,” pinta Mubasyir Kades Baturagung

Workshop yang diadakan sehari ini warga juga diajarkan bagaimana cara mengemas hasil usaha mereka dengan baik agar menarik konsumen saat dipasarkan. Dengan workshop tersebut diharapkan bisa memberikan pengetahuan kepada warga, dan para pelaku usaha agar bisa mengembangkan usahanya untuk meningkatkan perekonomian keluarga. (*)

Laporan  : Nurulyadi
Editor      : Lukman Hakim
Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: