KUANSINGRIAU

Bupati Kuansing Pimpin Rakor Pelaksanaan Sholat Idul Fitri, Ini Hasilnya ?

KARIMUNTODAY.COM, TELUK KUANTAN – Untuk menghadapi idul fitri yang hanya beberapa hari lagi bupati Kabupaten Kuantan Singingi H Mursini pimpin acara rapat Koordinasi peninjauan kembali kondisi status kabupaten Kuantan Singingi potensi penyebaran wabah virus covid 19 dalam hubungannya dengan dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri 1441 H selasa (19/5 2020) diruangan rapat bupati Kuantan Singingi.

Dalam acara rapat koordinasi di hadiri oleh Sekretaris daerah, para asisten, kepala OPD, Kapolres kuansing, Pabung Kodim 0302 Inhu, Ketua pengadilan Agama, Direktur Rumah Sakit, Ka Kemenag, Ketua MUI kabupaten Kuansing, Ketua FKUB,Tokoh masyarakat /Ustadz, Kejari Kuantan Singingi.

Dalam arahan bupati Kabupaten Kuantan Singingi Drs H Mursini M,Si mengatakan selamat datang kepada seluruh undangan yang pada kesempatan siang ini hadir dalam kegiatan Rapat dan mengajak Mari kita bermusyawarah bersama untuk melaksanakan shalat idul Fitri di wilayah Kabupaten Kuansing yang juga kondisi di wilayahnya zona hijau dan tidak ada masyarakat yang Positif, untuk shalat idul Fitri beracuan kepada surat edaran dari MUI Provinsi Riau,”  papar mursini.

Dan pada kesempatan yang sama Kapolres kabupaten kuantan singingi AKBP Henky Poerwanto S.IK MM dalam penyampaiannya tidak ada kata melarang dalam melaksanakan shalat idul Fitri di wilayah Kabupaten Kuansing Maka shalat idul Fitri sesuai dengan protokol kesehatan karena situasi di wilayah kita adanya COVID-19 dan kuansing pun masih dalam keadaan aman yang kondusif ujar Kapolres.

Dalam penyampaian ketua MUi Kabupaten Kuantan Singingi untuk shalat idul Fitri mengacuh kepada surat edaran dari MUI Provinsi Riau Mari kita bermusyawarah bersama untuk melaksanakan shalat idul Fitri di wilayah Kabupaten Kuansing dan juga kondisi di wilayah adalah zona hijau masyarakat pun aman dan kondusif dari wabah non alam yaitu Covid 19.”  sebut H Sarpeli.

Selanjutnya dari FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) kabupaten Kuantan singingi megatakan Untuk kerukunan umat beragama di wilayah Kuansing berjalan dengan baik Mari kita ikuti peraturan pemerintah yang ada di Kuansing dalam melaksanakan shalat idul Fitri agar dapat mengantisipasi terjadinya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sementara Penyampaian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing menyebutkan terkait ODP dan PDP di Kabupaten Kuansing dalam melaksanakan shalat idul Fitri Agar Pemerintah daerah harus melihat perkembangan virus Corona COVID-19 di wilayah Kabupaten Kuansing jika sampai pada hari H nya kuansing masih Di data Nol yang positif virus covid tidak ada salahnya kita melaksanakan Sholat idul Fitri secara berjemaah.

Terakhir hasil dari rapat tersebut di atas di putuskan Kecamatan pemerintah Desa/Kelurahan tidak memfasilitasi penyediaan tempat, petugas beserta Fasilitas lainnya dalam pelaksanaan shalat idul Fitri Pengurus Masjid Agar menjaga kebersihan mesjid tempat berwudhu menggulung Karpet, menyediakan Alat pembersih/Pencuci tangan Jemaah agar membawa sajadah masing-masing dan memakai masker.

Penyelenggara /Pengurus Mesjid diminta untuk mengawasi bagi masyarakat/Jemaah berstatus ODP dan PDP dilarang melaksanakan shalat idul Fitri sampai habisnya masa isolasi Habis shalat idul Fitri tidak diperbolehkan melakukan kegiatan lainnya yang mendatangkan orang banyak. (*)

Laporan  : Lidia Ningsih ST
Editor      : Lukman Hakim
Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: