KARIMUNKEPRIKUNDUR

Miris! Ibu Tari Berbulan-Bulan Tidur Diemperan Belum Mendapat Perhatian Dari Dinsos Karimun

KARIMUNTODAY.COM, KUNDUR -Terdamparnya salah seorang warga di Kecamatan Kundur yang tidak memiliki sanak saudara terpaksa tidur berbulan-bulan disebuah emperan rumah warga tepatnya di RT 3 RW 4, Jalan Hang Jebat Kelurahan Tanjung batu Kota,Kecamatan Kundur dengan kondisi sakit parah sampai saat ini belum mendapat perhatian dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) serta Dinas Sosial Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepri.

Sehingga dengan tidak adanya respon dari instansi tersebut ada pihak yang menganggap  merupakan sebuah tamparan hangat bagi Dinas Sosial Kabupaten Karimun dan Propinsi Kepri. Padahal pada pasal 1 peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia nomor 28 tahun 2018 telah mengamanatkan kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) sebagai salah seorang yang di beri tugas serta pungsi, dan kewenangan oleh Kementrian sosial, dinas sosial Propinsi dan Kabupaten untuk membantu kesejahteraan sosial sesuai lingkup wilayah penugasan di Kecamatan.

Tujuan dibentuknya Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) agar Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dapat terbantu baik perseorangan, keluarga atau kelompok, sebagai warga negara yang terdampar karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, dikarenakan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya dapat di bantu oleh Petugas TKSK.

Disisi lain Permensos 28 tahun 2018 pada pasal 3 juga mengamanatkan tentang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang berkedudukan di Kecamatan hanya terdapat 1 orang TKSK sebagai mana dimaksud pada ayat 1 mempunyai wilayah kerja di satu Kecamatan yang meliputi Desa dan atau Kelurahan.

 Dengan demikian, masyarakat meminta petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Kundur untuk mengambil sikap terhadap Ibu Tari salah seorang warga yang tidur berbulan-bulan di emperan rumah warga dengan kondisi sakit parah dan tidak memilik sanak saudara.

Susi sebagai Kasi Sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Kundur yang dihubungi karimuntoday.com Rabu 27 Mei 2020 mengatakan. Menurut Susi ( Kasi Sosial red) dirinya telah mengusulkan hal tersebut kepada Dinas Sosial Kabupaten Karimun, namun sampai saat ini belum ada respon,” tuturnya.

Kendati demikian Susi selaku Kasi Sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) meminta pihak media maupun ormas untuk langsung melaporkan hal tersebut Ke-Dinas Sosial Kabupaten,” tutur Susi singkat saat di hubungi karimuntoday.com Rabu 27 Mei 2020.

Menanggapi hal yang dialami oleh Ibu Tari yang sudah terdampar selama berbulan-bulan, Sapri Ketua Patriot Nasional Kecamatan Kundur angkat bicara. Menurutnya Sapri, nasib yang di menimpa Ibu Tari yang tidak memiliki sanak saudara tersebut dan terdampar dalam kondisi sakit  selama berbulan-bulan, seharusnya menjadi tugas dan kewajiban Dinas Sosial.

Dengan demikian Sapri, sangat mengharap agar Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) Kecamatan atau Kasi Sosial untuk mengambil sikap serta memberikan pertolongan sosial terhadap Tari yang kondisinya sudah sangat memperihatinkan,”  pinta Sapri ketika dimintai tanggapanya Rabu 27 Mei 2020.

Secara terpisah Syafruddin Kadis Sosial Kabupaten Karimun,Provinsi Kepri sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai konfirmasinya. (*)

Laporan  : Majid
Editor      : Lukman Hakim
Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: