KARIMUNKEPRIPEKANBARURIAU

Mahasiswa UNRI Bersama Puskesmas Tebing Lakukan Pengawasan Kesehatan Penumpang di Pelabuhan KPK Karimun

KARIMUNTODAY.COM, KARIMUN – Salah satu akibat adanya pandemi covid-19 ini adalah terkendalanya kegiatan belajar mengajar baik di taman kanak-kanak hingga ke tingkat perguruan tinggi. Selain itu merebak nya wabah covid-19 ini menyebabkan pengawasan terhadap kesehatan masyarakat harus semakin ditingkatkan.

Puskesmas tebing dibantu oleh tim relawan universitas riau melakukan pengecekan kesehatan penumpang di pelabuhan KPK karimun dalam upaya memutus rantai penyebaran pandemi covid-19 kegiatan tersebut dimulai pada 20 Mei 2020 sampai dengan saat sekarang.

Pelabuhan KPK menjadi sasaran utama karena merupakan pintu masuk bagi penduduk antar pulau karimun.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang yang tiba di karimun, bagi penumpang yang memiliki suhu >38 o C  akan dilakukan pendataan dan diistirahatkan sementara di posko covid-19 pelabuhan KPK.

Selain itu 8 orang mahasiswa yang tergabung dalam tim relawan universitas riau kecamatan tebing ini juga membantu puskesmas tebing untuk memastikan para calon penumpang maupun penumpang yang tiba dikarimun tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan tetap menggunakan masker.

Universitas riau turut berkontribusi dalam membantu memutus penyebaran rantai pandemi covid-19, hal ini ditunjukkan dengan berbagai macam bentuk kegiatan sosial yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa asal karimun yang menempuh pendidikan di universitas riau.

Para mahasiswa ini tergabung dalam tim relawan desa lawan covid-19 kecamatan tebing kabupaten karimun.

Akibat adanya pandemi covid-19 ini kegiatan perkuliahan secara tatap muka dihentikan sementara hingga batas waktu yang tidak ditentukan, inilah yang menyebabkan para mahasiswa harus kembali ke karimun untuk mengurangi penyebaran covid-19.

 Selama berada di karimun para mahasiswa ini ikut berpartisipasi melakukan tugas pengabdian dan kerelawanan kepada masyarakat yang dimulai pada rabu 20 mei 2020.

Berbagai kegiatan sosial diantaranya bekerjasama dengan puskesmas tebing dalam menjalankan tugas di posko kesiapsiagaan covid-19 pelabuhan KPK kabupaten karimun dengan penyediaan alat deteksi dini untuk melakukan pengukuran suhu tubuh penumpang, berkontribusi dalam penyaluran sembako dari pemrov kepri kepada masyarakat kecamatan tebing, dan penyediaan sabun cuci tangan sekitar kecamatan tebing.

Selain itu untuk mengedukasi masyarakat tentang covid-19 para mahasiswa membagikan sejumlah brosur yang berisikan gejala covid-19, cara mencegah, etika batuk dan cara memakai masker yang benar, serta melakukan penempelan pamflet cara mencuci tangan yang baik dan benar disejumlah tempat cuci tangan.

“Kami bekerjasama dengan puskesmas tebing untuk pengawasan dipelabuhan karena setiap hari banyak sekali penumpang yang datang ke karimun, kami juga sudah mendapat izin dari camat tebing dan kepala puskesmas tebing dalam tugas kerelawanan covid-19 ini” ujar Aflah selaku Ketua Tim Relawan UNRI Kecamatan Tebing kepada karimuntoday.com, Rabu (03/6/2020).

Para mahasiswa tersebut berharap kegiatan yang mereka lakukan dapat membantu pencegahan covid-19 khususnya di kecamatan tebing kabupaten karimun,” ucapnya (*/rls)

Laporan  : Nababan
Editor      : Lukman Hakim
Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: