RIAUSIAK

BMKG: Hotspot Meningkat Di Riau, Jarak Pandang Menurun, Tiga Titik Ada Di Siak

KARIMUNTODAY.COM, PEKANBARU – Langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan sejatinya perlu kembali menjadi perhatian ekstra. Pasalnya, angka hotspot kembali menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Badan Metereologi, Klimatologi dam Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru medeteksi ada 27 hotspot yang tersebar disejumlah kabupaten/kota, Ahad (30/6/2019).

Kondisi ini ternyata berimbas pada jarak pandak yang juga mengalami penurunan di beberapa daerah. Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan secara berkelanjutan.

“Memang kembali terpantau hotspot di beberapa daerah, 27 hotspot tersebut tersebar di 9 wilayah dan sebagian memiliki confidance di atas 70 persen,” paparnya.

Secara umum hotspot yang terpantau misalnya di kabupaten Rokan Hilir ada 13 hotspot,Pelalawan 5 hotspot, Siak 3 Hotspot. Kemudian di Bengkalis, Rokan Hulu, Dumai, Meranti, Kuansing dan Inhu masing-masing satu hotspot.

Selain itu 12 titik dipastikan titik api karena memiliki level konfidence di atas 70 persen. Sedangkan untuk jarak pandang atau visibility beberapa wilayah di Provinsi Riau mengalami penurunan. Misalnya di kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), jarak pandang menurun mnejadi 4 kilometer.

Selain itu di kota Dumai, jarak pandang hanya 5 kilometer. Hanya saja hal itu diindikasikan lebih disebabkan karena udara kabur karena partikel-partikel yang menghalangi udara, sehingga terjadilah kabur. Kondisi itu juga diprediksi tidak berlangsung lama.(r/mcr)

Laporan  : Idris Harahap

Editor      : Indra H piliang

Loading...
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close