INDRAGIRI HILIRKUANSINGRIAUSIAKTEMBILAHAN

Akibat Hutang Tidak Dibayar, Bupati Kuansing CS di Gugat Ke Pengadilan

KARIMUNTODAY.COM, TELUK KUANTAN – Istri dan Keluarga Alm. Ir.Firzadah Kurniawan Z, Warga Desa Beringin Taluk Dusun Mulia, Kuantan Tengah, mendaftarkan gugatanya ke Pengadilan Negri Teluk Kuantan pada Tanggal, 25 Februari 2019, pasalnya semenjak dilakukan kesepakatan antara kedua belah pihak terkait hutang piutang, tergugat sampai saat ini belum juga membayar sejumlah uang yang dipinjamnya, bahkan ironisnya sampai suami penggugat meninggal dunia.

Hal tersebut dikatakan, Junaidi Afand kepada karimuntoday.com, Jum’at (7/3/2019), Ya’ Dia selaku pihak dari keluarga penggugat telah mendaftarkan perkara gugatan terkait soal hutang piutang ke Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Provinsi Riau, adapun pihak yang digugat sebagai berikut : Dengan ini mengajukan Gugatan perdata Atas Dasar Hutang piutang, tergugat, I Bupati Kuantan Singingi,Drs. Mursini, Tergugat II, Muharlius,Mantan Sekeretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Tergugat,III. H. Muhammad Shaleh, Kepala Bagian Umum Sekretariat Kabupaten Kuantan Singingi, dan Tergugat,1V, Ferdi, Mantan  Bendahara Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Yang selanjutkan serta untuk seterusnya Di dalam gugatan ini disebut sebagai tergugat.

Junaidi Affandi Keluarga dari Penggugat.

1.bahwa tergugat Kapala Bagian Umum Setdakab Kuansing mendatangi penggugat dengan maksud meminjam uang penggugat untuk keperluan menjalankan Roda Pemerintahan.

2.Bahwa pada tanggal 6 februari 2018 tergugat 1 ,tergugat II tergugat III Dan tergugat 1V meminjam uang kepada penggugat di lakukan transfer antar rekening atas nama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, tergugat I ,tergugat II tergugat III . Aplikasi setoran di lakukan oleh tergugat IV sebesar Tahap pertama 750.000.000 .

3 Bahwa atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Dan sebagai penjamin pinjaman tergugat II tergugat III Dan tergugat IV pada tgl 11 januari 2018 tergugat III dan tergugat IV meminjam uang penggugat berbentuk tunai rp 122.900.000.

 4 bahwa Hal di tuang di aplikasi setoran tanggal 6 februari tahun 2018 Dan kwintansi tanggal 11 januari tahun 2018.

5 Bahwa berkeyakinan Dan adanya penjamin terggugat II tergugat III Dan tergugat IV penggugat memberi pinjaman berbentuk uang tunai tanggal 11 januari Dan pada tanggal.6 februari 2018 memberi pinjaman dengan mentransfer antar recening aplikasi setoran tergugat IV.

  1. Bahwa lamanya tidak diselesaikan utang piutang menjadi fikiran mengalami stroke hemoragik dan meninggal dunia pada tanggal 6 Januari 2019.

7. Bahwa terjadinya stroke hemoragik dan meninggal dunia sampai gugatan ini di ajukan tergugat I Tergugat II Tergugat III Dan tergugat IV Melalaikan dan tidak menjalankan kewajibannya padahal penggugat sudah berulang kali menagihnya kepada tergugat III.

8. Bahwa atas hal tersebut, telah patut dan berdasarkan hukum tergugat 1 tergugat II tergugat III dan tergugat IV telah melakukan perbuatan melalaikan kewajibannya dan sewenang-wenang dan apa yang terjadi pada tanggal 6 Februari 2018 dan 11 Januari 2018.

9, Bahwa dasar dari pemberian pinjaman hutang uang tersebut adalah dimana penggugat hanya bersifat membantu tergugat I, tergugat II, tergugat III dan tergugat IV.

10. Bahwa oleh karena tergugat 1, tergugat II tergugat III, dan tergugat IV secara nyata melakukan perbuatan melalaikan dan sewenang-wenang maka secara hukum tergugat 1, tergugat II, tergugat III, dan tergugat IV untuk melunasi hutangnya sebesar Rp 750.000.000,- + Rp 122.900.000,- .

11. Bahwa untuk menjamin gugatan penggugat tidak hampa adanya maka sekira mejalis hakim yang mulia berkenan untuk meletakkan sita jaminan terhadap harta-harta milik tergugat 1, tergugat II, tergugat III, dan tergugat IV baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak yang disebut nantinya.

12. Bahwa gugatan ini diajukan didasarkan pada bukti-bukti yang cukup, dan mempunyai kekuatan bukti yang sempurna sebagai dipersyaratkan oleh undang-undang. Untuk itu cukup dasar untuk menyatakan putusan ini dengan putusan serta merta meskipun ada banding maupun kasasi Berdasarkan alasan-alasan dan peristiwa hukum tersebut diatas penggugat 1 dan penggugat II mohon agar Sudi kiranya pengadilan Teluk Kuantan segera memanggil pihak-pihak yang berperkara untuk datang menghadap persidangan dan memberikan putusan.

  1. Mengabulkan gugatan penggugat 1 dan penggugat 2 untuk seluruhnya.

2. Menyatakan sah berharga serta jaminan yang diletakkan milik tergugat 1, tergugat II tergugat III, dan tergugat IV.

3.Menyatakan perbuatan tergugat 1 tergugat II tergugat III Dan tergugat IV yang tidak membayar hutangnya sesuai aplikasi setoran tanggal 6 Februari 2018 Dan kwatansi 11 Januari2018 adalah perbuatan melalaikan kewajiban sewenang-wenang.

4.menyatakan aplikasi setoran dan print out bank Riau cabang , Teluk Kuantan sah dan mempunyai berkekuatan hukum.

5.Menyatakan kwitansi tanggal 11 Januari 2018 sah dan berkekuatan hukum.

6. Menghukum tergugat I, tergugat II, tergugat III dan tergugat IV untuk mengembalikan penggugat total sebesar Rp 872.900.000,-

7.Menyatakan putusan ini, dapatkan dijalankan serta merta meskipun ada banding maupun kasasi.

8. Menghukum tergugat 1, tergugat II, tergugat III, dan tergugat IV untuk membayar biaya perkara,” Imbuhnya

Secara terpisah, Drs. H. Mursini, Bupati Kuantan Singingi, Provinsi Riau, ketika dikonfirmasi karimuntoday.com, Jum’at (7/12/2019), terkait dilakukanya gugatan ke pengadilan negeri teluk kuantan perihal peminjaman uang kepada penggugat yang sampai hari ini belum juga dibayarkan beliau mengatakan, “ Belum bisa saya memberikan jawabanya, tanyakan saja ke kabag hukum,” Ujarnya Singkat (*)

Laporan   : Roder

Editor       : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close