KANDISRIAUSIAK

Berhari-hari Berjibaku Dengan Api, Hujan Deras Muncul Sebagai Pahlawan Di Kampung Pencing Bekulo

KARIMUNTODAY.COM. KANDIS, SIAK – Cuaca extrem panas belakangan ini membuat setidaknya MPA Kelurahan dan Kampung dengan bantuan Unit Pemadam Kebakaran, TNI dan Polri harus selalu waspada dengan munculnya titik api dan terkadang pula tak dapat dihindari pihak terkait harus turun lapangan demi memadamkan titik api yang muncul.

Sebagaimana yang dialami oleh tim relawan MPA Kampung Pencing Bekulo beserta instansi terkait lainnya yang sejak Ahad, 25 Maret, harus berjibaku dengan asap dan api atas timbulnya titik api di pinggiran Sungai Bekalar. “Alhamdulillah Yang Maha Pemberi sudah menurunkan Rahmat-Nya, dimana dalam 2 hari ini tim Relawan MPA pencing bekulo berjibaku dengan asap dan api atas karlahut di pinggiran Sungai Bekalar. Dengan bantuan TNI dan Polri yang selalu siaga 24 jam, lokasi timbulnya titik api telah diguyur hujan deras dan dipastikan api sudah padam,” ungkap Penghulu Kampung Pencing Bekulo, Eka Indrawan Sinaga Amd, Senin (25/03/2019).

Penghulu Kampung Pencing Bekulo juga menyematkan ucapan terimakasih atas partisipasi pihak terkait, “terimakasih buat relawan MPA dan pihak terkait yang sudah membantu pemadaman, dengan kerja keras dan kekompakan kita semuanya semoga titik api yang akan muncul kedepannya dapat kita atasi,” tambahnya.

Walau upaya sosialisasi pada warga untuk menghindari membakar sebagai cara membuka lahan telah gencar dilakukan, tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi cuaca yang extrem panas dan juga kelalaian akan pemancing yang membuang puntung rokok kesembarang tempat patut menjadi perhatian agar menghindari dan meminimalisir timbulnya titik api terutama diwilayah lahan gambut.

“Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan akan akibat perbuatan seseorang namun timbulnya titik api dapat dipicu oleh alam melalui cuaca yang extrem. Dan untuk menyikapi hal ini tentunya perlu kewaspadaan seluruh stakeholder demi menghindari hal-hal negatif yang ditimbulkan,” himbau Camat terbaik 1 Provinsi Riau tahun 2017, Irwan Kurniawan S SOS MM.(*)

Laporan   : (Fuji Efendi)

Editor       : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close