INDRAGIRI HILIRTEMBILAHAN

Danramil Pulau Burung, Kebakaran Kembali Terjadi Di Lahan Gambut Milik Warga

KARIMUNTODAY.COM,PULAU BURUNG – Hari ini telah terjadi kebakaran lahan Gambut,Pada hari Jumat tanggal 08 Maret 2019 Pukul jam 08.30 WIB perkembangan situasi karlahut milik Bapak Dwi, lokasi Dusun Sungai Nilah RT 03,Desa Teluk Nibung,Kecamatan Pulau Burung.Kabupaten Inhil/Provinsi Riau.

Hal tersebut dikatakan, Danramil 11/Pbr, Kapten Inf Ujang Z,mengatakan, lahan yang terbakar dengan luas lebih kurang tiga Hektar.( Co. 0,44883 N/103,5005 E).Luas lahan. 3 Ha – Jenis lahan. Gambut – Pelibatan Pers sbb : 1) TNI = 2 Orang (Babinsa,Sertu RP Saragi/Babinsa,Serda Ratno). 2) Polisi= – Orang 3) MPA= 5 Orang 4) Masyarakat = 20 Orang – Cuaca. Cerah – Angin. Sedang – Alkap. 1) Mini Steaker = – 2) Jonder = – 3) Selang 250 M= – 4) SPM = 10 unit 5) Mesin Robin = 3 unit 6) Alat Berat = – Kata,Kapten Inf Ujang Z melaporkan.

” Adapun, Jarak yang ditempuh lebih kurang 5 KM dari Koramil ke lokasi titik api,Waktu tempuh,25 Menit via darat dan sungai, Hambatan,Lahan terbakar merupakan lahan gambut yang sangat mudah terbakar,ditambah kondisi angin dan cuaca kemarau saat ini,sehingga api sangat sulit dipadamkan,” terangnya

Disamping itu juga tim pemadam merasa kesulitan pasalnya Sumber air jauh dari lokasi dimana lahan gambut tersebut terbaka dan juga timTidak bisa masuk ke tengah areal kebakaran karena dikelilingi asap, disamping itu juga Peralatan sangat terbatas, apalagi kondisi titik panas masih 96%. Namun tim pemadaman terus berupaya untuk mengantisipasi merambatnya api yang masih ada di lahan Gambut dengan upaya  membuat parit disekiling area yang terbakar yang dilakukan oleh TNI bersama masyarakat (MPA),” Ungkapnya

” Dia menghimbau kepada masyarakat,, disaat suhu cuaca panas seperti sekarang ini jangan melakukan aktivitas membakar  lahan, dan juga diminta jangan membuang puntung rokok sembarangan, bagi warga yang sengaja atau kedapatan membakar lahan/hutan, tentunya akan di proses secara hukum yang berlaku,” tutupnya (*)

Laporan : Ridho magribi

Editor    : Indra H piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close