SIAK

Deteksi Dini Kanker Serviks, Dinkes Siak Lakukan Pemeriksaan IVA Bersama Ibu PKK Kecamatan Kandis

 

KARIMUNTODAY.COM. SIAK, KANDIS _ Dalam rangka Pelaksanaan Program Kerja Pokja IV Kecamatan Kandis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Siak menggelar kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Tes pencegahan dini kanker leher rahim (Serviks). Kegiatan bertujuan untuk melakukan upaya deteksi dini terhadap kanker leher rahim dan juga deteksi kanker payudara. Hal ini diungkap Ketua Ibu PKK Kecamatan Kandis, Lilis Suryani Kurniawan SH, Kamis (08/11/2018). “Tepatnya semalam, Rabu (07/11/2018) bertempat di aula Gedung Kantor Kecamatan.

Hal ini adalah bagian dari tanggung jawab pemerintah dalam rangka menyehatkan masyarakatnya jika dalam pemeriksaan IVA dan Sadanis tes diketahui ada kelainan gynekologi atau pun pralesi kanker, maka dilanjutkan pemeriksaan intensif dan jika masih pada stadium awal maka dapat segera dilakukan terapi dingin (cryotherapi),” ungkap Lilis Suryani.

Menurut Lilis Suryani, pada Tahun 2018 ini Dinas Kesehatan Kabupaten Siak menargetkan pemeriksaan ibu yang berumur 35 tahun sampai dengan 50 tahun. “Kita mengimbau kepada ibu ibu yang telah berkeluarga yang berumur 35 tahun sampai dengan 50 tahun untuk melakukan pemeriksaan leher rahim di Puskesmas terdekat pada hari kerja dalam waktu minimal satu kali dalam setiap 3 tahun,” tambahnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Siak melalui Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Kandis, dr Aulia Kalista sendiri sangatlah mengapresiasi giat yang dipelopori oleh ibu ibu PKK tersebut,

“Kita mengapresiasi kesadaran ibu ibu dari PKK ini karena dengan jumlah puluhan orang ini membuktikan antusiasme ibu ibu untuk melakukan upaya deteksi dini terhadap penyakit berbahaya ini sangat baik,” ujar dr Aulia. (*)

Laporan   :   Fuji Efendi

Editor      : Indra H Piliang  


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close