JAWA TENGAH

Disdik Grobogan Gelar Festifal Literasi Budaya, Ajang Kreativitas Dan Ajak Minat Baca Masyarakat

 

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Dalam memasyarakatkan minat baca dan kreatifitas masyarakat di Grobogan,Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan,Minggu siang (25/11) mengadakan kegiatan literasi budaya. Dalam kegiatan tersebut disuguhkan berbagai ajang kreatifitas dunia pendidikan.

Inilah salah satu kreatifitas yang dipamerkan dalam acara literasi budaya di Alun Alun Puwodadi, Grobogan,Minggu siang. Dua alat sederhana pendeteksi gempa dan banjir ide kreatifitas dari UPTD Tanggungharjo ini menarik perhatian para warga dan dunia pendidikan yang datang untuk menyaksikan kegiatan yang diselenggarakan dinas pendidikan tersebut.

Menurut Supri,guru SDN 2 Brabo Tanggungharjo,idenya muncul karena grobogan merupakan daerah yang rawan banjir. Berawal dari persoalan tersebut ia mencoba merangkai rangkaian seri  dengan bahan-bahan bekas yang murah dan meriah. Hanya dengan berbekal bahan bahan bekas, seperti tutup kaleng bekas,bekas dinamo mainan anak,botol bekas,dan dua buah baterai, alat sederhana yang murah biayanya ini dirakit menjadi alat yang bisa mendeteksi datangnya musibah banjir maupun gempa.

“ Ini cuma sederhana saja, tak butuh biaya banyak. Kedepan mungkin bisa dikembangkan karena daerah Grobogan ini rawan banjir,”Ucap nya di depan stand miliknya.

Menurut Sumarsono,Sekda Grobogan, mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah kreatifitas anak bangsa yang perlu untuk ditingkatkan sehingga minat baca masyarakat di Kabupaten Grobogan semakin meningkat.

“ Kegiatan ini sebuah kreatifitas anak bangsa yang patut diapresiasi, dan perlu ditingkatkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Grobogan,” ujarnya

Dalam kegiatan tersebut juga diperlihatkan kreatifitas lain,seperti pohon literasi,pohon terbuat dari kertas yang bertuliskan berbagai rumah adat di Indonesia,suku dan budaya,kain batik khas grobogan,serta lomba menulis surat serta bercerita yang diikuti anak anak perwakilan sekolah dasar se Kabupaten Grobogan.

Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari. 25 stand turut memeriahkan kegiatan tersebut. Dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa menumbuhkan minat baca warga di kabupaten grobogan agar semakin meningkat.(*)

Laporan    : Nurulyadi

Editor        : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close