SIAK

Disdikbud Siak Lanjutkan Program Pintar Untuk Tahun 2019 Bersama Tanoto Foundation

 

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Pemerintah Daerah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, berkerjasama dengan Tanoto Foundation di tahun 2019 ini melanjutkan program Pintar, sebelumnya program ini sudah di mulai pada agustus 2018 lalu. Implementasi pelatihan dilakukan dengan pembiayaan secara mandiri melalui anggaran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dengan subjek peningkatan mutu pendidik. Kecamatan yang pertama mendapatkan pelatihan ini adalah Kecamatan Kandis.

Bahan Pelatihan (Modul) yang diambil adalah Modul 1 Manajemen Berbasis Sekolah. Pelatihan ini diberikan kepada semua kepala sekolah tingkat dasar (SD/MI dan SMP/MTs) se-kecamatan Kandis, yang berjumlah 55 kepala sekolah serta 6 orang pengawas, yang dilaksanakan mulai tanggal 3-4 Januari 2019.

Pekan Siak sebagai mitra Program PINTAR Tanoto Foundation, telah melaksanakan 3 kegiatan pelatihan besar yaitu; 1. Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah, telah melatih 28 kepala Sekolah SD/MI dan SMP/MTs serta 4 pengawas sekolah SD/MI. 2. Pelatihan Pembelajaran SD/MI, telah melatih 189 guru, 19 Kepala sekolah, 2 Pengawas di 24 sekolah SD/MI 3. Pelatihan Pembelajaran SMP/MTs, telah melatih 112 guru, 8 kepala sekolah, 4 pengawas di 8 sekolah SMP/MTs 4. Telah dilatih 10 orang fasilitator Daerah untuk SD/MI, dan 10 orang Fasiliator Daerah untuk SMP/MTs.

Dari pelatihan yang dilakukan perubahan-perubahan yang terjadi disekolah, sudah mulai dirasakan oleh siswa dan guru serta kepala sekolah. Mulai dari pembelajaran di kelas yang aktif, para siswa belajar berkelompok serta guru tidak lagi berceramah dalam pembelajaran. kegiatan budaya baca sudah rutin dilaksanakan, dan juga kepemimpinan kepala sekolah yang mampu mengelola sekolah dengan baik dan terencana.

Acara yang berlangsung pada pagi kamis, (03/1/2019) kemarin itu dihadiri kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Siak H Lukman MPd, sedangkan perwakilan dari Tanoto Foundation, Koordinator Provinsi Riau Dendi Satria Buana.(*/r)

Laporan   : Idris Harahap

Editor      : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close