JAWA TENGAH

Dorong Produksi Peternakan dan Perikanan,Dinas Peternakan Grobogan Gelar Ekspo

 

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Untuk mendorong peningkatan produksi peternakan dan perikanan yang inovatif dan kreatif menuju swasembada protein hewani Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan mengadakan ekpo (5/10). Kegiatan  tersebut bertujuan untuk memotivasi para peternak dan pengusaha peternakan untuk senantiasa berinovasi dan berkreatif di bidang peternakan.

Sebanyak kurang lebih 31 stand dari kelompok peternak dan pengusaha ikut andil dalam kegiatan ekspo peternakan dan perikanan. Kegiatan tersebut juga ditujukan sebagai ajang promosi dan silaturahmi para peternak, kelompok peternak,pengusaha maupun stakeholder dalam upaya memajukan dan meningkatkan usaha  peternakan di Kabupaten Grobogan.

Pemkab Grobogan turut mengapresiasi langkah Dinas Peternakan dan Perikanan dalam mendorong dan meningkatkan kesejahteraan kelompok tani ternak. Diantaranya, pemberian bantuan kepada para kelompok tani ternak di Kabupaten Grobogan melalui bantuan hibah.

Menurut Drh Riyanto, Kadinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, mengatakan, Pemkab Grobogan melalui dinas peternakan dan perkanan telah melaksanakan program yang sasarannya langsung ke masyarakat khususnya para petani peternak atau perikanan. “Ada sekitar 200 kelompok ternak dan ikan tahun ini kita berikan bantuan hibah untuk kegiatan budidaya ternak sapi potong, kambing, domba,unggas dan perikanan,” ucapnya

Riyanto menambahkan, terkait soal budidaya sapi, 83 persen sapi betina produktif dan akan bunting dan melahirkan sehingga bisa meningkatkan populasi sapi. Melalui inseminasi buatan di Kabupaten Grobogan ditarget 96 ribu akseptor sapi dengan populasi 180 ekor sapi. “ Yang kita harapkan, bisa meningkatkan produktifitas perikanan dan peternakan agar lebih mensejahterakan masyarakat grobogan,” harap Riyanto

Dalam kegiatan ekspo yang dilaksanakan mulai dari tanggal 5 hingga 7 Oktober tersebut ditampilkan mulai dari  budi daya,ternak,api,kambing,unggas dan perikanan. serta dari teknologi sarana prasarana pendukung. Sementara dari sisi peternak, permodalan, juga dari balai pertanian yang menampilkan proses pengolahan pupuk dari air seni sapi.

Kabupaten Grobogan sendiri dikenal sebagai penghasil sapi terbesar kedua di jawa tengah setelah kabupaten Blora. Kegiatan tahunan ini juga diramaikan dengan memamerkan monster sapi-sapi jumbo yang sengaja didatangkan dari daerah Prambanan.(*)

Laporan   : Nurulyadi

Editor       : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close