KARIMUN

DPC PEPABRI dan Warakawuri Karimun Gelar Syukuran Dalam Rangka Ulang Tahun Ke 59 Tahun Dengan Sederhana

 

KARIMUNTODAY.COM, KARIMUN – Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri menggelar Acara Syukuran dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun PEPABRI yang ke – 59 Tahun Tahun 2018, di Kantor DPC PEPABRI di Jalan Lubuk Semut Kecamatan Karimun, Minggu,(7/10/2018).

Ketua Pepabri Karimun, Sumardi dalam kata sambutanya sekaligus membacakan Amanat Ketua DPP Pepabri Pusat Jenderal TNI (Purn) H. Agum Gumelar Assalamualikum WR WB, Salam sejahtera bagi kita semua, Om Swastiastu namo budaya, Yang saya hormati dan saya banggakan, warga pepabri diseluruh Indonesia dimanapun saudara berada, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat tuhan YME. Yang telah memberikan nikmat kesehatan dan keejahteraan bagi kita semua, tanpa terasa organisasi yang kita cintai bersama ini telah berusia 59 tahun, rentang waktu yang cukup lama tetapi tidak cukup panjang untuk sebuah pengabdian yang berkesinambungan dan berkelanjutan kepada bangsa dan Negara kesatuan republic Indonesia yang berdasarkan pancasila  dan UUD 1945.

SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN YANG SAYA HORMATI, Kita mengklaim Pepabri adalah organisasi yang berwatak pejuang, watak pejuang itu artinya, apa yang dibenak pikiran kita masa purna tugas ini, tetap diorentasikan keniscayaan  suhu politik sudah terasa meningkat dan akan terus meningkat sampai tahun depan, menghadapi setuasi rawan ini kita keluarga besar Pepabri harus mengembangkan sikap arif dan bijaksana. Suatu keniscayaan pula dalam proses demokratisasi tersebut ada pihak yang pro dan kontra, ada yang suka dan tidak suka kepada pihak lain.

Didalam kalangan purnawirawanpun sudah pasti ada perbedaan pilihan, hal itu tidak masalah asalkan tidak keluar dari jati diri kita sebagai pejuang,kita boleh dan syah berbeda pilihan tetapi berpedoman pada  dua hal sebagai berikut :

PERTAMA : Purnawirawan tidak boleh terpecah karena perbedaan pilihan purnawirawan harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan, termasuk ikut menjaga persatuan dan kesatuan warga bangsa. Dalam perbedaan pilihan harus di waspadai jangan sampai ada upaya mengorbankan jati diri kita sebagai pejuang dengan cara memanfaatkan kekuatan golongan yang jelas-jelas merongrong pancasila dan keuntuhan NKRI,hanya untuk kepentingan sesaat guna memenangkan pilihan. Upaya memperjuangkan pilihan itu ada arenanya yaitu pemilu tahun 2019. Purnawirawan sebagai individu bisa bergabung dengan kekuatan politik lain yang mempunyai aspirasi yang sama untuk berjuang dipemilu tahun depan.

KEDUA : Perlu diingat bahwa perbedaan pilihan diantara purnawirawan itu sifatnya sementara. Begitu proses  pemilu selesai dan mengahsilakan pihak terpilih, tentunya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, maka perbedaan diantara kita berakhir. Kita hormati hasil pemilu tersebut dan kita purnawirawan yang berbeda pilihan, harus bersatu kembali dan mendukung hasil pemilu tersebut, baik hasil legislative maupun presiden. Kedua hal tersebut itulah yang harus dipedomani seluruh purnawirawan Pepabri dalam proses demokratisasi. Sikap arif bijaksana seperti itu diharapkan menjadi contoh bagi bangsa kita bagimana bersikap dalam proses demokrasi. Berkaitan dengan hal diatas saya minta seluruh jajaran Pepabri mempedomani surat edaran nomor : 153/DPP/X/2016 Tanggal, 24 Oktober 3016 tentang menghadapi pemilihan kepala daerah lansung diseluruh Indonesia yang memuat sikap netral Pepabri sebagai institusi/organisasi dan sikap perorangan anggota pepabri dalam pilkada atau pemilu.

Saudara-sauadar anggota pepabri yang saya cintai,

Sebagi insane berwatak pejuang, ajjaran pepabri disetiap tingkat organisasi harus peduli dengan permasalahan yang dihadapi didaerahnya masing-masing. Pepabri harus berusaha menyampaikan masukan kepada pimpinan daerahnya agar dapat mengenali permasalahan yang dihadapi secara benar dan sekaligus berupaya menyampaikan saran, solusi paling tepat dan bijaksana. Penyampaian dan saran masukan tersebut tentu harus dilakukan dengan cara elegan, penuh etika. Hindari cara-cara penyampaian yang tidak wajar, seperti dengan cara demontrasi atau polemic dimedia social.

Saudara-saudara keluarga  besar pepabri yang saya cintai,

Pepabri menyakini bahwa solidaritas keluarga besar purnawirawan dan warakawuri TNI-POLRI serta Veteran merupakan kekuatan yang dahsyat dalam menjamin tetap tegaknya NKRI dan sebesar apapun ancaman terhadap Negara ini, selama TNI-POLRI beserta segenap keluarga besarnya bersatu dan solid, tidak ada yang akan mampu menggoyahkan NKRI. Kita bersyukur dewasa ini pimpinan TNI dan Pimpinan POLRI beserta jajaranya sangat solid,bersinergi,bahu memabhu dalam setiap upaya pertahanan dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat. Oleh karenaya pepabri dalam rangka memperingati ulang tahun ke 59 tahun ini mengambil tema : “ Dilandasi jiwa dan semangat Sapta Marga dan Tribrata dan Pepabri tetap ikut menjaga NKRI “

Sebelum mengakhiri sambutan ini, Saya minta jajaran pepabri bersama aparat dan komponen bangsa lainya ikut dalam setiap upaya mensukseskan pemilu tahun 2019, sebagai kekautan moral ikut aktif menyampaikan masukan agar pemilu berjalan aman dan damai.

Demikianlah sambutan saya, semoga setiap upaya perjuangan pepabri yang kita cintai senantiasa mendapat curahan rahmat tuhan yang maha esa. Aminnn.

Sumardi Ketua Pepabri Karimun ketika dikonfirmasi karimuntoday.com Mengatakan, Momentum HUT PEPABRI Ke- 59 tahun sudah jelas, bahwasanya NKRI adalah harga mati sesuai dengan amanat bapak Ketua DPP PEPABRI Pusat, oleh sebab itu, Dia menekankan kepada anggota pepabri yang ada di karimun untuk selalu bersinergi serta menyukseskan pemilu legislatif dan presiden agar bisa berjalan dengan sukses, dan juga dia berterimakasih kepada para pengurus Pepabri/Warakauri beserta LVRI Karimun sehingga acara HUT Pepabri berjalan dengan lancar,” Ujarnya Singkat.

Dari pantauan karimuntoday.com dilapangan terlihat juga hadir,Ketua LVRI Karimun, Ketua PAC Pepabri Kundur, Ketua FKPPI Karimun beserta anggota. (*)

Laporan  : Lukman Hakim

Editor      : Indra H Piliang

 


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close