BATAMTANJUNG PINANG

Gubenur Kepri Ungkap Pentingnya Prioritas Kebutuhan Transportasi dan Kelistrikan Bagi Masyarakat di Pulau-Pulau

 

KARIMUNTODAY.COM, BATAM – Ada pemandangan aneh, ketika pejabat berkunjung ke pulau-pulau jarang yang mempunyai keahlian dan daya tahan serta memiliki semangat yang lebih. Ini ditunjukan oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun ketika berkunjung ke Pulau Kepala Jeri, nyetir (tekong) boat pancung sendiri. Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun mengakui betapa pentingnya ketersediaan fasilitas umum dalam kehidupan terutama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Pulau-Pulau.

“Seperti tersedianya kelistrikan dan sarana transportasi di pulau,” kata Nurdin saat silaturahmi bersama masyarakat di Masjid Al Mukminin ke Pulau Kepala Jeri, Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, akhir pekan lalu.

Menurut Nurdin, terkait kelistrikan merupakan kebutuhan yang penting guna menerangi kehidupan dan menjalankan aktifitas sehari-hari terutama di waktu malam. Untuk itu, ia meminta kepada Kadis ESDM KepriAmjon yang ikut hadir untuk mengakomodir kelengkapan kelistrikan baik PLN maupun mesin genset.

“Tolong pak Amjon (Kadis ESDM Kepri) dikondisikan, kalau bisa bantu genset dulu, kita prioritaskan,” ujarnya.

Terkait sarana transportasi, karena masih sedikitnya perahu yang tersedia terutama bagi anak-anak untuk pergi ke sekolah, Nurdin menegaskan akan segera menindaklanjuti. “Apalagi salah satu masyarakat mengeluhkan susahnya anak-anak Pulau di kawasan tersebut untuk bersekolah karena terkendala biaya. Jangan sampai transportasi menjadi terputus, saya minta nanti data anak-anak yang membutuhkan beasiswa, nanti kita rundingkan,” tambahnya.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri ini Gubernur juga menyampaikan permohonan maaf atas penundaan kunjungannya ke Pulau Kepala Jeri dikarnakan kesibukan beberapa hari belakangan ini. “Alhamdulillah akhirnya hari ini Allah mempertemukan kita, semoga membawa berkah untuk kita semua,”ungkapnya.

Untuk mencapai masuk ke dalam Pulau sendiri bukan perkara yang mudah. Nurdin beserta rombongan datang ketika air mulai surut dan kapal tidak bisa masuk. Alhasil masyarakat yang telah menunggu, menyiapkan perahu yang kemudian dikendarai sendiri oleh Nurdin menuju Pulau dengan menelurusi hutan bakau sejauh 1 Km.

Pada kesempatan itu, tokoh masyarakat Sahaq menyampaikan rasa bahagianya atas kunjungan Gubernur ke Pulau Kepala Jeri hari ini, meskipun sederhana dirinya beserta sejumlah masyarakat telah menyiapkan kedatangan Gubernur Kepri.

“Tumpeng tradisi disini sebagai bagian dari sambutan syukur atas kedatangan Bapak Gubernur,” jelasnya.

Setelah sambutan, Gubernur memotong Nasi Tumpeng yang disediakan, kemudian sebagai tanda tradisi masyarakat, Tokoh masyarakat Sahaq memberikan satu sendok suapan kepada Gubernur.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut Nurdin memberikan sejumlah kuis kepada anak-anak yang hadir juga diberikan bantuan satu unit mesin solar lighting system untuk masjid. Ikut mendampingi Gubernur, Kepala Dinas ESDM Kepri Amjon, Kabiro Humas dan Protokol Setdaprov Kepri Nilwan, Dirut Quran Center Mahadi, Lurah Kasu Abdul hanafi beserta Ketua RT dan RW beserta segenap masyarakat Pulau Kepala Jeri. (*/r).

laporan : indra helmi

editor : indra h piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close