LIMAPULUH KOTASUMBAR

Hadiri Silaturahmi Niniak Mamak dan Bundo Kanduang, Wabup Limapuluh Kota Ferizal Ridwan Apresiasi Jorong Lubuak Batingkok

KARIMUNTODAY.COM, LIMAPULUH KOTA —Dalam memberikan penguatan terhadap adat dan budaya, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan menghadiri kegiatan silaturahmi Niniak Mamak, Bundo Kanduang serta anak kemenakan, di Jorong Koto Tangah Nagari Lubuak Batingkok, Selasa, (5/3). Selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan tahunan masyarakat jorong koto tangah lubuak batingkok ini, juga merupakan selah satu upaya dalam menjaga adat dan tradisi.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan memberikan apresiasi kepada masyarakat Jorong Koto Tangah yang sukses menyelanggarakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya dalam menjaga tradisi.

“Kami atas nama pemerintah daerah, mengucapkan terimkasih atas inisiasi dan terselenggaranya kegiatan ini, sehingga adat dan tradisi masih tetap dilestarikan,” ucapnya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan bahwa, mempertahankan nilai adat dan budaya seperti seni dan tradisi, merupakan bahagian dari pencontohan pada generasi muda untuk diwariskan pada generasi berikutnya. “Orang lebih cenderung memikirkan pokitik dari pada memikirkan pewarisan budaya. Secara kekuatan hukum, apa yang kita lakukan ini wajib bagi pemerintah untuk memberikan penguatan sebagaimana yang tercantum dalam UU No.5 Tahun 2017. Mudah mudahan, kita dapat menjaga tradisi, menegakkan syarak, dan mambangkik batang tarandam, karna Nagari Lubuak batingkok punya potensi, sehingga dengan kegiatan ini kita bisa merangkul energi untuk membangun nagari yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Lubuak Batingkok, N Dt. Bijo Dirajo mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan salah satu bentuk silaturahmi bundo kanduang Nagari Lubuak Batingkok, karena dengan seiring perkembangan zaman dan kesibukan masing masing, membuat kedekatan serta silaturahmi diantara masyarakat kian tergerus.

“Kegiatan ini sudah mulai langka, sebenarnya kegiatan seperti ini yang mempersatukan. Apa lagi zaman digital seperti sekarang, silaturahmi hanya di group group Whats App. Dengan kegiatan silaturahmi seperti ini, kita dapat langsung untuk bertatap muka dengan anak kemenakan,” ucapnya.

Selain Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, hadir pada kesempatan itu, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, serta unsur masyarakat jorong Koto Tangah Lubuak Batingkok. (*/r)

Laporan  : Wahyu Uliadi

Editor      : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close