KARIMUNKEPRI

Hari Peduli Sampah Nasional, Polres Karimun serta Instansi Terkait Goro Pungut Sampah Plastik

KARIMUNTODAY.COM, KARIMUN – Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya.S.I.K bersama jajarannya serta Bhayangkari cabang Karimun memeriahkan Hari Sampah Nasional yang di implementasikan dengan kerja bhakti pungut sampah plastik yang diikuti dari Kodim 0317/ Karimun ,Lanal TBK , Persatuan Nelayan ,Dinas Kebersihan dari Lingkungan Hidup ,Para Kapolsek dan Pelajar di Tempat Pembuangan Akhir ( TPA) Desa Sememal Kelurahan Pasir Panjang , Kecamatan Meral Barat,Kamis (21/2/2019).

Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya.S.I.K mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah, agar kita bisa merasa meresapi betapa pentingnya pengelolaan sampah ini, kita diwajibkan untuk bijaksana dalam mengelola sampah seperti dirumah kita. Karena menurutnya,kalau kita tidak bisa kelola sampah dengan baik atau membuang sampah tidak pada tempatnya itu menjadi sumber masalah salah satunya bisa mengakibatkan banjir,kemudian tempat sumber dari penyakit (penyebaran penyakit) dan pencemaran lingkungan yang mengakibatkan muncul bau tak sedap tentunya ini sangat menggangu aktivitas kita.

Maka dari itu kita juga harus paham betul arti pentingnya mengelola sampah ini agar supaya kita sehat terhindar dari penyakit ,terus lingkungan kita indah ,karena menurutnya , walau bagaimanapun kebersihan itu merupakan bagian dari iman ,jelasnya

Menurut Bupati Karimun, H.Aunur Rafiq mengatakan, Hari Peduli Sampah (HPS) ini sedang dilaksanakan juga di pusat dengan ibu Menteri Lingkungan Hidup yang mana berangkat dari Kabupaten/Kota,Provinsi untuk melaksanakan Hari Sampah Nasional.

Menurut Rafiq, Di Karimun juga saat ini tengah melaksanakan kegiatan goro digelar oleh Kapolres,Dandim, Danlanal, kegiatan kebersihan di beberapa tempat seperti, di daerah Sememal ,dan di Coastal Area. Kegiatan ini suatu langkah yang baik ,satu langkah memberikan dorongan betapa pentingnya megenai pengelolaan yang baik ,”,ujar Rafiq.

Oleh karena itu saya berterima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun, masyarakat Karimun kepada TNI dan Polri dan juga kepada lapisan masyarakat, pelajar yang hari ini memberikan suatu kegiatan baik .Dan Insyaallah kita juga akan mencanangkan di bulan Maret nanti tentang masalah Karimun Bersih untuk tahap yang ke empat,”terangnya

Sementara itu Kasi Kebersihan di Lingkungan Hidup Safriyanto mengatakan ,kami dari Lingkungan Hidup sangat berterima kasih dengan kegiatan ini, dalam arti kata semua masyarakat sudah ikut terlibat dalam pengelolaan sampah.

Safriyanto menjelaskan ,sampah itu merupakan hal yang sepele waktu dia kecil, tapi kalo sudah menumpuk merupakan hal masalah yang besar dan bisa juga menjadi sumber-sumber penyakit dan sebagainya. Saya berharap kepada masyarakat Kabupaten Karimun agar bisa bekerja sama tentang penanganan sampah secara menyeluruh,” imbuhnya.

Safriyanto mengatakan , TPA Sememal Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat saat ini masih masih kekurangan alat berat yang saat ini berjumlah dua unit , Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sememal ini membutuhkan alat berat yang saat ini masih dalam perbaikan. karena menurutnya, sampah -sampah ini setiap hari masuknya mencapai 58 Ton, Untuk memproses sampah sebanyak itu kita membutuhkan alat berat untuk mendorong sampah dan meratakannya,”  pungkasnya (*)

Laporan   : James Nababan

Editor       : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close