NUSANTARAPERISTIWA

Hong Kong Merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur dengan Tarian Naga Api Tai Hang yang Memesona

KARIMUNTODAY.COM,HONG KONG, TIONGKOK – 20 September 2018 – Festival Pertengahan Musim Gugur sebagai salah satu festival yang paling terkenal di Hong Kong akan segera berlangsung pada tanggal 24 September (hari ke-15 dari bulan ke-8 pada Kalender Lunar Tionghoa). Perayaan ini telah berkembang menjadi upacara penyembahan bulan menjelang panen musim gugur, karena festival ini adalah selayang pandang dari tradisi Hong Kong yang sudah berlangsung sejak lama.

Tarian Naga Api Tai Hang (23 — 25 September 2018)

Sebagai penghormatan terhadap perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur sejak zaman dulu, para penduduk Tai Hang berkumpul untuk ambil bagian dalam Tarian Naga Api Tai Hang selama tiga hari, yang tercantum dalam Daftar Nasional Warisan Budaya Takbenda Tiongkok pada tahun 2011.

Pengalaman pada festival kali ini akan dimeriahkan oleh dentuman drum, gong dan dupa. Sebanyak hampir 300 peserta terlatih membawa naga sepanjang 67 meter yang tertutup dalam hio bercahaya di sepanjang jalan. Hal pertama yang akan Anda perhatikan saat naga tersebut melintas adalah kepalanya yang seberat 70 kilogram, terbuat dari lembaran logam, jerami dan rotan dengan dua obor elektrik sebagai mata — sebagai wajah yang tidak pernah akan Anda lupakan!

Kue Bulan

Kue bulan adalah salah satu elemen yang paling populer dalam Festival Pertengahan Musim Gugur Hong Kong, yang tentu ada alasannya. Dipanggang dalam cetakan rumit nan canggih yang melambangkan berkah Tionghoa untuk mendatangkan keuntungan, secara tradisional, kue bulan diisi dengan pasta biji teratai dan dua kuning telur. Namun seiring dengan perjalanan waktu, Hong Kong telah menerima berbagai iterasi inovatif, seperti cokelat, durian, kumkuat, matcha, puding telur, kacang merah, dan masih banyak lagi.

Instalasi “Moon Rabbit Lumiere” (19 September — 17 Oktober 2018)

Untuk pertama kalinya di Hong Kong, “Kelinci Bulan” hasil karya seniman Australia Amanda Parer yang mengesankan akan singgah di kota ini. Instalasi seni “Moon Rabbit Lumiere” akan bertempat di Lee Tung Avenue dari Wan Chai dan China Hong Kong City di Tsim Sha Tsui. Kedua tempat ini akan menampilkan 10 “Kelinci Bulan” yang diterangi cahaya, disertai dengan serangkaian acara perayaan, lokakarya, piknik, dan pameran di sepanjang pekan raya yang akan berlangsung selama satu bulan ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Hong Kong dan perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur mendatang, silakan kunjungi  Hong Kong Tourism Board di http://www.discoverhongkong.com.(*)

Laporan   : Lukman Hakim/rls

Editor       : Indra H Piliang

 

 

 


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close