PAYAKUMBUHSUMBAR

HPSN 2019, Sekdako Ajak Warga Payakumbuh Peduli Sampah

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 sebagai tindak lanjut Surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor  :SE.2/MENLHK/PLSB3/PLB.0/2/2019, pemko Payakumbuh menggelar berbagai kegiatan untuk memotivasi warga agar peduli sampah. Secara resmi, pemko Payakumbuh menginstruksikan pemasangan spanduk bertema

“Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai” di kantor – kantor pemerintah. Selain itu, untuk memperingati HPSN tahun 2019 Pemko Payakumbuh pada Kamis (28/02/2019) pagi menggelar sejumlah kegiatan seperti senam pagi, pameran produk daur ulang sampah, penukaran sampah dengan bibit.

Sejumlah kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Parkir Balaikota Payakumbuh, eks Lapangan Poliko. Kegiatan HPSN yang diikuti seluruh Perangkat Daerah Pemko Payakumbuh, Forkopimda, Kementerian Agama, Forum Masyarakat Peduli Sampah, Pelajar, BUMN/BUMD Kota Payakumbuh, sebelumnya diawali gotong royong di instansi masing-masing.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bantuan bibit tanaman dan penyerahan penghargaan kepada kelurahan bersih dan hijau. Membuka HPSN,

Walikota Payakumbuh, diwakili Sekdako, Rida Ananda mengatakan bahwa kepedulian terhadap sampah, tidak hanya tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup, tapi semua pihak dimulai dari pribadi, keluarga dan masyarakat.

“Kepada Dinas Lingkungan Hidup diminta untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam penanganan sampah di Kota Payakumbuh. Nanti, jumlah penerimaan DID (Dana Insentif Daerah) akan dikaitkan dengan keseriusan kita dalam mengelola sampah,” Rida mengingatkan.

“Pengolahan sampah menjadi produk berhasil guna bagi masyarakat. Khususnya pengolahan sampah plastik. Butuh inovasi,”ajak Sekdako.

Para peserta senam dalam kegiatan tersebut diganjar dengan berbagai doorprize oleh panitia penyelenggara.(*)

Laporan  : Wahyu Uliadi

Editor      : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close