PAYAKUMBUHSUMBAR

Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Keguruan & Ilmu Pendidikan Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh Gelar Mubes Tahun  2019

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Keguruan & Ilmu Pendidikan Yayasan Abdi Pendidikan ( ILUNI STKIP YAP ) akan menyelenggarakan Musyawarah Besar (MUBES) yang direncanakan Sabtu, 26 Januari 2019 di Kampus STKIP YAP jalan Prof. Muhammad Yamin Payakumbuh.

Munculnya gagasan Mubes ini untuk mengeratkan kembali tali silaturahmi yang pernah dibuhul para cendikiawan pendekar pendidikan ini sewaktu menuntut ilmu di kampus STKIP YAP yang sempat pindah kampus dari kampus STKIP YAP Bengkawas Bukittinggi sampai akhirnya memiliki kampus milik sendiri nan indah di Jalan Prof. Muhammad Yamin Payakumbuh.

Bermula dari hangatnya diskusi di group media sosial Alumni STKIP besutan dosen senior Drs. Yuhasnil Yusuf, M.Pd dan H.Dasril, S.Pd, M.Pd Datuak Sati Nan Pandak alumni tahun 1989 yang saat ini bertugas di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh.

Para alumni yang sudah menyebar ke berbagai daerah bahkan keluar provinsi Sumbar seperti ke Riau, Kepri dan Jakarta termasuk yang eksis di Payakumbuh, Limapuluh Kota, Bukittingi, Agam, Padang dan seluruh Sumbar saling chatting di Waatshaps bertukar informasi, dan muncullah gagasan untuk bertemu dengan sesama alumni lintas generasi dan para Dosen di Kampus Payakumbuh.

Rencana pertemuan ini juga disambut baik olek Ketua STKIP YAP, DR Sudirman, M.Pd dan Pengurus ILUNI dan ditindaklanjuti dengan rapat Dosen pimpinan Prodi bersama pengurus alumni dan perwakilan alumni sehingga menghasilkan kesepakatan untuk mengangkat acara Mubes pada tanggal 26 Januari 2019 di Kampus Jalan Prof. Muhammad Yamin Payakumbuh.

Mubes tahun 2019 ini sekaligus akan dilakukan pemilihan ulang Ketua Umum dan Pengurus alumni yang telah habis masa bhaktinya untuk periode 2014 – 2019 yang di komandoi oleh Drs. Ahmad Saimi, M.Pd. Sampai saat tulisan ini rilis, sudah ada 8 Dosen dan 51 Alumni yang menyatakan akan hadir serta banyak lagi yang masih lihat kondisi dan kesempatan untuk hadir bersilaturahmi dengan kawan dan sahabat lama masing – masing sewaktu jadi mahasiswa dulu.

Oleh panitia pelaksana yang terdiri dari Tim 11 ditetapkan dengan SK Ketua STKIP terdiri dari 3 orang unsur Dosen, 3 orang Pengurus ILUNI STKIP YAP periode 2014 – 2019 dan 5 Orang perwakilan Alumni dari berbagai Prodi dirancang acara yang cukup meriah dan apik disamping temu kangen, diskusi, hiburan dan sidang – sidang Pleno maupun rapat komisi.

Tujuan utama Mubes ini menurut DR Sudirman M.Pd Ketua STKIP yang didampingi oleh Dosen paling senior Drs. Yuhasnil Yusuf dalam rapat panitia bersama Perwakilan Alumni H. Dasril, S.Pd, M.Pd Dt.Sati Nan Pandak adalah : 1. Memperkuat lagi ikatan silaturrahmi antar alumni dari berbagai angkatan sejak tahun 1984. 2. Menjaga komunikasi yang efektif antara alumni dengan almamaternya dan para civitas akademi STKIP YAP. 3. Memilih kembali Ketua umum dan kepengurusan ILUNI STKIP YAP. 4. Menyepakati kembali program kerja pengurus ILUNI STKIP YAP dalam memajukan dan mengembangkan potensi almuni dan adik-adik Mahasiswa yang masih kuliah di STKIP YAP. 5. Mendorong maju dan berkembangnya program STKIP YAP dalam pengabdiannya kepada masyarakat. 6. Menghimpun potensi dan sinergi alumni dengan kampus untuk kemajuan daerah lingkungan keberadaan STKIP YAP.

Selanjutnya dijelaskan Ketua, dengan sudah semakin terkoordinasinya semua alumni maka sesama alumni akan bisa saling membantu baik untuk mendapatkan peluang kerja bagi yang belum tersalurkan di dunia kerja maupun berbagi informasi dalam meningkatkan kinerja dan karir mereka ke arah yang lebih baik.

Alhamdulillah tahun 2019 ini saja yang terdata lulus CPNS lebih dari 50 orang, belum lagi yang tidak terdata, tentu jumlahnya akan lebih banyak. Banyak diantara alumni STKIP yang sangat menyambut baik diadakannya Mubes ini oleh panitia antara lain Hj. Indrawati, S.Pd, M.MPd alumni tahun 1990 yang dipercaya Bupati Kab. Limapuluh Kota Sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kab. Limapuluh Kota saat ini.

” Saya sangat mengapresiasi dan mendukung diselenggarakannya Mubes perdana STKIP YAP ini sebagai wahana menjaga silaturrahmi dan komunikasi yang baik dengan teman-teman se almamater dari lintas generasi setelah 34 tahun STKIP YAP mengabdi mencetak intelektual bidang Pendidikan” katanya.

Selanjutnya H.Dasril, S.Pd, M.Pd alumni tahun 1989 yang saat ini dipercaya oleh Pemko Payakumbuh sebagai Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payalumbuh, juga bersemangat untuk hadir bahkan bersedia membantu persiapan panitia.

“Alhamdulillah dengan Mubes ini diharapkan para alumni saling menguatkan dan saling suport untuk perkembangan alumni dan almamater asal tetap menjaga netralitas dalam politik praktis sebagai organisasi Ikatan Alumni.Walau banyak para alumni yang ikut berkompetisi dalam Pemilihan Legislatif dalam Pileg 2019 ini dari berbagai Parpol boleh membantu secara pribadi tapi organisasi ILUNI STKIP YAP harus tetap netral” tukuknya.

Banyak para alumni yang sudah sukses baik sebagai kepala sekolah, guru maupun mengabdi dibidang lainnya dari jumlah alumni yang tercatat saat ini 5.675 orang alumni. Dengan kehadiran ILUNI STKIP YAP diharapkan dapat berkontribusi lebih banyak bagi penyerapan alumni didunia kerja baik sbg PNS maupun NON-PNS.

Apa lagi saat ini semua Program studi di STKIP YAP sudah terakreditasi B. Disamping itu alumni juga diharapkan berkontribusi bagi perbaikan STKIP YAP kedepan terutama memberikan masukan bagi penyempurnaan visi, misi dan kurikulum. Semoga ini menjadi langkah baik untuk menuju kampus kompetitif di tingkat nasional.(*)

 

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor      : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close