humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: Monday, 26 August 2013

 

 

images/AHHH.jpg

Tampak, Wakil jalur Untung Betuah saat menerima piala dari Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd. (photo. ktc )

Kuansing,(karimuntoday.com) – Pantas saja masing-masing jalur berusaha keras merebut juara pada pacu jalur tradisional event nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan,Provinsi Riau karena hadiah yang diberikan lumayan besar, selain nama besar yang diperoleh dan menjadi jalur yang disegani disetiap gelanggang.

Untuang Betuah dari danau Baru Rengat yang keluar sebagai juara, mendapat hadiah sebesar Rp.60,5 Juta. Siposan Rimbo RAPP dari desa Pauh Angit Pangean sebagai runner up memperoleh hadiah Rp 57,5 Juta. Lintah Jalang dari desa Petapahan Gunung Toar diposisi ketiga mendapat hadiah senilah Rp 40,5 Juta.

Jalur Bintang Muda Canang Nagori dari desa Seberang Sungai Gunung Toar yang berada diposisi keempat mendapat hadiah sebesar Rp.28,8 Juta. Juara kelima, Pulau Laghe Mandulang Untuang dari desa Pulau Madinah Kuantan Hilir mendapat hadiah sebesar Rp. 25, 5 Juta. Juara keenam, Jalur Duri Bingkuang Rawang Panjang asal desa Pulau Kedundung Kuantan Tengah mendapat hadiah senilah Rp.16.9 Juta. Juara ketujuh, Jalur Limo Piako Tuah Nagori asal desa Perhentian Luas Logas Tanah Darat mendapat hadiah sebesar Rp. 14,1 Juta.

Juara kedelapan jalur Meriam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau Kuantan Hilir mendapat hadiah sebesar Rp. 13,6 Juta dan juara kesembilan jalur Kalojengking Tigo Jumbalang mendapat hadiah sebesar Rp. 6,3 Juta. Sementara untuk juara kesepuluh sampai dengan ketujuhbelas diberikan uang pembinaan Rp 2,5 Juta.

Penyerahan hadiah diberikan Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd kepada masing-masing wakil jalur pada acara penutupan, Minggu ( 25/8 ) malam lalu di taman jalur Kota Teluk Kuantan.

" Kepada jalur yang telah berhasil menjadi juara, Saya ucapkan terimakasih, tingkat terus prestasi , dan jalur yang belum berhasil terimakasih juga untuk partisipasinya. Mari Kita terus berlatih dan berbenah diri , mudah-mudahan pada tahun berikutnya Kita akan dapat menjadi pemenang,"ujar Sekda.

Dalam kesempatan ini, Sekda juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang bekerja siang dan malam menyukseskan pacu jalur, kepolisian dan TNI yang menjaga keamanan, para pemacu dan pengurus jalur, warga masyarakat yang telah bersama-sama menjaga keamanan dan keteriban hingga pacu jalur berlangsung sukses.

" Terimakasih juga Kami sampaikan kepada wartawan dan insan pers yang juga bekerja siang dan malam mempublikasikan seluruh tahapan pacu jalur sehingga semakin dikenal masyarakat luas,"ujarnya.

Sementara itu M. Kifti salah seorang pemacu jalur Pendekar Panjang Bukik Siguntur dari desa Pisang Berebus Gunung Toar, mengungkapkan, bagi pemacu nama besar jalur karena menjadi juara menjadi bagian yang tak dapat dinilai dengan apapun.

  “ Selain hadiah kan ada tonggol sebagai penentu juara di event nasional. Bagi jalur saat pergi berpacu ke berbagai arena, tonggol sebuah kebanggaan yang tak ternilai. Karena dari tonggol orang tahu prestasi sebuah jalur,”pungkasnya. (Kuansingterkini.com/karimuntoday.com )

Published in KARIMUN


images/18 juli 2013 - toko emas milik jhon di serbu pembeli 1.JPG

Tampak, Masyarakat sedang Menjual Emas,(photo.Ilustrasi)

KARIMUN (karimuntoday.com) - Saat ini tepatnya di penghujung Agustus tahun 2013, harga emas dipasaran mengalami kenaikan mencapai lima persen.

Naiknya harga barang yang dijadikan sebagai hiasan tubuh tersebut, dikarenakan nilai tukar rupiah terhadap beberapa mata uang negara asing masih melemah hingga hari ini, Senin (26/8/2013).

Jon, pedagang toko emas Gandoriah, Jl. Pasar Puakang, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun saat ditemui karimuntoday.com, mengatakan, naiknya harga emas sebesar lima persen dampak melemahnya nilai tukar uang dengan negara asing sejak tanggal 12 Agustus kemarin.

Pada kesempentan ini Jon menyampaikan, saat ini untuk harga emas 24 Karat seharga Rp 500 ribu, 23 Karat 470 ribu dan 22 Karat Rp 410 ribu. Sedangkan untuk harga emas putih atau emas 75 Karat Rp 450 ribu. Jadi rata-rata emas tersebut mengalami kenaikan lima persen," terangnya.

"Sudah banyak pembeli yang datang menjual emasnya, sedangkan pembeli semenjak harga emas naik sangat jarang sekali," keluh Jon.

Hasil pantauan karimuntoday.com dilapangan, sejumlah toko-toko mas yang ada di Pulau Karimun memang sangat terlihat sepi pembeli. Namun, jika terlihat ramai warga  bertujuan untuk menjual emas yang sudah dibeli dulunya.

Informasi yang berhasil dihimpun hingga malam ini posisi nilai tukar rupiah masih melemah. Untuk nilai tukar terhadap dolar Amerika Serikat (USD) senilai
RP 11.450 , dolar Singapor mencapai Rp 9.000 dan dolar Malaysia berkisar Rp 3.500. (Nov.k)

Published in KARIMUN

 

 

 

 

  images/ABGGG.jpg

 

 

 

 

Tampak, KetuaBPD Resun Bapak Jaswir.

Lingga,(karimuntoday.com) -  Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idulfitri Para pelajar di Desa Resun Mengadakan bermacam macam perlombaan diantaranya seperti  Tingkat anak anak memperlombakan  haplan Surah Alpatiha hapalan surat pendek dan juga perlombaan Azan, sedangkan di tingkat remajadilombakan pertandingan sepak takraw dan  tarik Tambang sedangkan  untuk umum gerak Jalan santai rutemenuju ke Airterjun Resun.

 

 

Perlombaan Gerak Jalan santai dilepas oleh KetuaBPD Resun Bapak Jaswir , Dalam perlombaan ini pihak  panitia sudah menyediakan ratusan hadiah menarik seperti, kipas angin panci ada juga payung masih banyak lagi hadiah  menarik lainya.

 

 

Dalam acara penutupan Ketua Panitia menyampaikan,  ucapan terima Kasih kepada seluruh pelajar dan juga masyarakat Resun sehingga acara ini bisa

 

Berjalan sukses dan tak lupajuga mengucapkan terima kasih kepada seluruh

 

Donatur yang turut menyumbang dalam rangka menyukses kan acara tersebut terutama sekali kepada bapak Usnardi , dan juga donatur lainya, Ujar Panitia

 

 

Sementara itu,  Kepala Desa Resun yang diwakili  bapak H.muhktasar  menyampaikan terima kasih kapada pelajar dan Pemuda Resun yang ikut bepartisipasi  dari mulai membuat Pintu Gerbang hingga acara ini berjalan dengan sukses dan taklupa juga Pak Mukhtasar mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat Desa Resun, (Rusli)

 

  

 

  

 

  

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

Published in KARIMUN


images/ABFFF.jpg

Tampak, Terlihat Roslan, ST selaku Manager sepeda elektrik berada di sorumnya(Tauson Mobilindo) terletak didepan swalayan Oriental, Kecamatan Karimun, sedang memperihatkan kendaraan unik pengeluaran baru miliknya.

KARIMUN (karimuntoday.com) - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, karena hadirnya sepeda elektrik produksi dari Negara Cina yang sangat menguntungkan setelah naiknya harga BBM beberapa bulan lalu ditahun 2013 ini.

Roslan, ST selaku Manager sepeda elektrik Karimun saat ditemui karimuntoday.com, di sorumnya (Tauson Mobilindo) terletak didepan swalayan Oriental, Kecamatan Karimun, Senin (26/8/2013) mengatakan, transportasi pengeluaran terbaru tersebut yang dijual dipasaran ada 2 jenis bermerak Smart F4. Dari kedua jenis itu diantaranya ada yang mirip dengan sepeda motor macthik mio. Sedangkan untuk warna sepeda eletrik, hadir dengan beragam warna.

Dikatannya, keuntungan dalam memakai sepeda elektrik tidak perlu lagi mengunakan BBM seperti sepeda motor lainnya. Karena, sepeda eletrik hanya mengunakan batrei cas dan dynamo sebagai alat pengerak. Dengan demekian tidak timbulnya polusi serta ramah lingkungan," ungkapnya.

Roslan menyampaikan, ketahanan batrei yang mengerak dynamo setelah di cas full bisa selama hampir 7 jam. Sedangkan kecepatan atau kelajuan sepeda elektrik mencapai 35 km perjam (jalan datar). Garansi dynamo diberlakukan selama 6 bulan sedangkan batrei tidak bergaransi.

Lanjutnya, hadirnya sepeda elektrik di bumi berazam sejak 5 bulan lalu, yang bertepatan dengan naiknya harga  BBM dan selama bulan tersebut sudah laku terjual sebanyak 50 unit sepeda elektrik.

Lanjutnya lagi, harga kontan perunit sepeda eletrik senilai Rp 4.950.000. Sedangkan uang mukanya dari 1,5 sampai 2 juta dengan masa kredit selama 3 hingga 6 bulan, sedangkan persyaratan dalam berkredit cukup membawa KK/KTP serta denah lokasi rumah. Sementara untuk diluar Karimun beli kontan maupun kredit  biaya pengiriman ditanggung pembeli sendiri, namun ketentuan atau persyaratan tetap sama,"  papar Roslan.

" Untuk saat ini hasil dari penjualan kita, peminat yang paling banyak membeli sepeda eletrik dari kalangan ibu-ibu," katanya.

Keuntungan lain di sepeda elektrik juga mengunakan alrm (anti maling), hanya cukup menekan alrm sepeda elektrik tidak bisa berpungsi, apabila ada yang memutar bagian stang sepeda itu maka akan mengeluarkan bunyi.

Disamping itu, sepeda elektrik juga dilengkapai aksesoris seperti  lampu depan belakang, lampu sein, shock belakang kiri-kanan, indikator, kaca spion, keranjang, sandaran dan pedal pengayuh.

" Sebenarnya untung jika mengunakan sepeda elektrik. Sebab pengunan kendaraan tersebut tidak perlu harus membuat SIM, kecepatannyapun sangat rendah, jadi sangat jauh terjadi lakalantas seperti yang terjadi bagi pengendara sepeda motor belakangan ini," pungkas Roslan mengakhiri. (Nov.k)

Published in KARIMUN

 

images/ADSSS.jpg

Tampak, Kapolsek Merak, AKP BT. Nasution menunjukkan Barang Bukti (BB) berupa sarang burung walet seberat berkisar setengah kilo hasil curian yang sudah dimasukan kedalam kantong plastik berwarna kuning oleh tersangka.

KARIMUN (karimuntoday.com) - Kepolisian Sektor(Polsek) Meral, Kabupaten Karimun telah berhasil mengagalkan aksi pencurian sarang burung walet berlantai 4 setinggi belasan meter di Kampung Baru Meral (Bukit Tembak) RT 03 RW 09 Kelurahan Meral Kota, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun milik Ang Tjin Siong (43) pada, Sabtu (24/8/2013) sekitar pukul 21.30 WIB kemarin.

Kapolsek Meral, AKP BT. Nasution saat ditemui karimuntoday.com, Senin (26/8/2013) diruang kerjanya mengatakan, pelaku yang kini ditetapkan sebagai tersangka dalam aksi kriminal tersebut sebanyak dua orang yakni Yadi (28) dan Arsad (24), warga asal Kuala Enok, Kabupaten Tembilahan, Provinsi Riau.

Dalam kronologisnya Nasution  menceritakan, kedua tersangka dalam melakukan aksinya terbilang handal dan profesional, mengunakan tali sepanjang 8 meter dengan cepatnya memanjat bangunan sarang burung walet berlantai 4 setinggi belasan meter. Namun tanpa di sadari tersangka, aksi kriminal yang dilakukan itu cepat diketahui.

Ketahuan aksi yang dilaksanakan kedua tersangka itu berasal dari bunyi alrm didalam TKP, yang mana bunyi alrm langsung kontak secara otomatis ke penjaga sarang burung walet. Melihat adanya bunti tanda bahaya tersebut, penjaga itupun langsung menghubungi bosnya. Setelah menerima laporan pemilik sarang burung waletpun melaporkan peristiwa yang terjadi ditempat usahanya kepada kita, mendengar laporan adanya aksi pencurian secepatnya kita turun ke TKP, " ungkapnya.

"Sesampainya di TKP sudah terlihat ramainya masyarakat setempat, lalu saya bersama beberapa orang anggota lainnya naik kelantai 4, tanpa adanya perlawan kedua tersangka yang masih berada didalam sarang burung walet berhasil diamankan," terangnya Nasution.

Lanjutnya, berdasarkan pengakuan dari kedua tersangka, aksi pencurian sarang burung walet baru yang pertama kali dilakukan. Namun, jika dilihat dari cara tersangka menjalankan aksi bisa dikatakan sudah sering, sebab terlihat sangat profesional sekali.

"Cara kerja tersangka terbilang handal dan profesional. Dengan hanya mengunakan tali sepanjang 8 meter sementara bangunan yang dipanjat setinggi belasan meter, dengan waktu yang singkat mereka bisa sampai dan masuk kedalam sarang burung walet tanpa terlihat warga," Salut Nasution.

Pada kesempatan ini Nasution menyampaikan, dalam peristiwa ini  sarang burung walet yang diambil sudah dimasukan kedalam kantong plastik berwarna kuning seberat berkisar setengah kilo hasil curian terangka. Akan tetapi, pemilik usaha sarang burung walet (korban) mengalami kerugian sebesar Rp 3 juta. Sebab harga jual sarang burung walet kategori (kotor) sebesar Rp 5 perkilonya, sedangka ketegori (bersih) senilai Rp 11 juta perkilo.

" Mengapa adanya kerugian yang dialami korban, karena apabila sarang burung walet diambil belum pada waktunya (masa panen) maka sangat sulit untuk produksi tahapan hasil berikutnya. Bahkan beberapa burung walet yang ada bisa mengalami kematian," kata Nasution menyampaikan dampaknya.

Setelah dilakukan pemerikasaan maupun penyelidikan bersama barang bukti (BB) yang diamankan, kedua tersangka tersebut dijerat Pasal 363 ayat (1) ke 4-5 KUHP, tentang pencurian dan pemberatan (Curat) dengan ancaman pidana selama 5 tahun penjara.

" Saat ini tersangka (Yadi dan Arsad) untuk sementara masih ditahan di Polsek Meral. Dalam waktu dekat ini, kedua tersangka itu akan dititipkan ke Rutan Kelas II B Tg Balai Karimun," pungkasnya.

Sementara itu Yadi (28) salah seorang tersangka pencurian sarang burung walet saat ditemui karimuntoday.com dari balik tahanan Polsek Meral menyatakan, baru 1 minggu berada di Karimun dan awalnya tidak ada niat untuk melakuklan aksi yang mengakibatkan bersama temannya itu masuk penjara.

Menurut Yadi, selama beberapa hari berada di Karimun bersama temannya itu berjalan-jalan ke wilayah Bukit Tembak, Meral. Saat berjalan keliling terlihat ada bangunan sarang burung walet, sehingga menjadi target kami  untuk melakukan pencurian.

"Pengintian dilokasi menjadi target pencurian kami itu selama 3 hari. Selama pengitian itu terlihat disekitar lokasi target sangat aman kemudian kami melaksanakan aksi tersebut. Hasil dari aksi pencurian (sarang burung walet) akan dijual ke kampung sendiri yaitu, Kuala Enok, Kabupaten Tembilahan, Provinsi Riau," aku Yadi dengan kapala tertunduk. (Nov.k)

Published in KARIMUN
Monday, 26 August 2013 12:08

IPMKK Desak LAM Adakan Mubes

 

 images/banci.jpg

Tampak, Azahar.MN Ketua Umum Ikatan Pemuda Melayu Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

Karimun,(karimuntoday.com), Ikatan Pemuda Melayu Kabupaten Karimun, mendesak agar para pengurus lembaga Adat Melayu,(LAM), untuk melakukan Mubes,s ebab masa kepemimpinan ketua terpilih sudah habis beberapa tahun silam, sebab didalam  AD/ART, masa kepimpinan ketua LAM hanya 3 tahun, namun kenyataanya sat ini sudah mencapai kurang lebih lima tahun.

Hal tersebut dikatakan, Azahar MN, Ketua Umum Ikatan Pemuda Melayu Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri kepada media ini minggu,(25/8), Dia mendesak agar LAM melakukan Mubes, sebab masa kepemimpinan ketua terpilih sudah berakhir, dengan sekian lamanya masa kepemimpinan ketua terpilih berakhir segala kegiatan yang menyangkut LAM akan vakum.

“ Dia mendesak agar LAM segera melakukan Mubes, sehingga ketua terpilih kedepanya dapat menyusun kembali Program-program yang  ada,s ebab selama ini dia menilai LAM Vakum, tidak ada memberikan kontribusi yang berarti sesuai fungsinya, contohnya saja, Gedung Lembaga Adat Melayu di jalan Poros sampai saat sekarang tidak berfungsi, “ Imbuh Azahar

Ditambahkanya lagi, Selain IPMKK yang mendesak agar secepatnya dilakukan Mubes ditubuh LAM Karimun, desakan tersebut juga datang dari Rumpun Melayu Bersatu dan Laskar Melayu Bersatu, Imbuh Azahar.

 Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai konfirmasinya, terkait desakan IPMKK agar, LAM untuk segera melakukan Mubes, belum dapat dimintai Tanggapanya.(***)

Published in KARIMUN
Canggai Putri

:: KEPRI

KALENDER BERITA

« August 2013 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  
DISPENDA KARIMUN