humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: Wednesday, 28 June 2017

 

 

Ket Photo : Wakil Gubri Riau dan Bupati Kuansing sedang landas di Tepian Muko Lobuah Arena Festival Perahu Baganduang.

Lubuk Jambi,(karimuntoday. Com) - Kedatangan Wakil Gubernur Riau H. Wan Thamrin Hasyim dan Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M. Si diiringi dentuman meriam, dan mercon disepanjang aliran sungai arena festival yang dapat menambah semaraknya acara festival budaya perahu baganduang di Lubuk Jambi rabu (28/6/2017).

 Selain  Bupati Kuantan Singingi terlihat juga, forkopimda provinsi riau, kepala dinas kebudayaan provinsi riau, kepala dinas pariwisata dan kebudayaan kuantan singingi, wakil ketua Dprd beserta anggota, camat kuantan mudik, penghulu nan ompek kopak ridai, pemangku adat, dan tokoh masyarakat,

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Festival Parahu Baganduang Drs. Herman Susilo, M. Si yang juga merupakan Camat Pucuk Rantau, dalam sambutanya menyampaikan, Terimakasih kepada wakil gubernur yang telah menyempatkan untuk hadir memenuhi undangan kegiatan ini, kemudian juga kepada pemerintah daerah kabupaten kuantan singingi yang telah menganggarkan anggaran untuk kegiatan budaya perahu baganduang dalam APBD kabupaten Pasalnya, " semenjak pemerintahan Mursini - Halim lah budaya ini bisa dianggarkan," ujarnya Herman susilo

Terakhir Herman Susilo berharap kepada pemprov agar dapat juga menganggarkan kegiatan Budaya Ferahu baganduang ini untuk tahun tahun berikutnya, karena perahu baganduang ini juga dapat menjadi corong program pemprov Budaya melayu riau Menyapa Dunia, nah budaya tersebut juga terdapat di lubuk jambi yakni perahu baganduang yang sudah mendunia tambahnya

 Sementara Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi dalam sambutannya menyebutkan, bahwa Festival Perahu Baganduang ini merupakan tradisi budaya masyarakat Kenegerian Lubuk Jambi, yang memiliki sejarah panjang, dimana pada awalnya dipakai oleh para raja dahulu kala.

Bupati H Mursini melanjutkan, akan tetapi berselang sampai saat ini, tetap terjaga dan lestari, dan berharap menjadi salah satu Icon Wisata di Provinsi Riau. Kabupaten Kuansing banyak memiliki obyek wisata, seperti Pacu Jalur, dan demikian juga dengan Festival Perahu Baganduang yang digelar setiap tahunnya.

 "Festival Perahu Baganduang ini memang telah dianggarkan dalam APBD Kuansing, termasuk Tradisi Mandi Balimau Kasai di Muara Lembu Kecamatan Singingi," sebut H Mursini.

 Namun disaat pembukaan Event Pacu Jalur nanti, kami berharap dapat dihadiri langsung oleh Presiden RI atau setidaknya dihadiri oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI," harap Bupati.

 "Kepada masyarakat, mari kita jaga Pentas Arena Perahu Baganduang ini, dan jangan sampai dirusak," Pintanya

 H.Wan Thamrin Hasyim selaku Wakil Gubernur Riau menyampaikan,dengan tema Budaya Riau menyapa Dunia pemerintah provinsi akan segara mempersiapkan infra struktur pariwisata dan berkoordinasi dengan Bupati dan Wali kota yang mempunyai destinasi wisata unggulan dan periodik seperti di lubuk jambi ini seterusnya akan segera dipersiapkan pembangunan Infrastrukturnya agar wisatawan yang datang ke Provinsi Riau semakin tambah betah dan tiap tahun kehadiranya meningkat,” Tuturnya Singkat

 

 Pantauan awak media karimuntoday. Com dilapangan bahwa festival perahu baganduang di kenegrian Lubuk Jambi memang bernuansa pelestarian, dengan istilah membangkit batang tarandam, dan sudah mendarah daging kepada masyarakat lubuk jambi pada umumnya, "dibuktikan dengan antusias masyarakat yang sangat tinggi untuk mengikuti acara festival ini, mulai dari anak anak, sampai ke yang tua tua seperti ninik mamak, pemangku adat, tokoh masyarakat, dan alim ulama.(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Komandan Satuan Memberikan Arahan kepada Para Anggota yang Bakal Melakukan Razia.

 

Teluk Kuantan,(Karimuntoday.com) - Antisipasi aliran radikal, atas atensi Kapolda Riau, Kapolres Kuansing AKBP..Dasuki Herlambang.Sik.MH perintahkan semua jajaran agar melaksanakan razia di masing masing polsek,

 

Razia tersebut harus langsung dipimpin oleh kapolseknya Selain antisipasi aliran radikal juga melakukan pemeriksaan ranmor yang melintas seperti Cek barang bawaan, penyakit masyarakat, peredaran narkoba, premanisme, warung remang, dan penyakit masyarakat lainnya.

 

Terkait operasi ini, Polres Kuansing beserta polsek polsek jajaran telah melaksanakan Razia  mulai malam ini selasa 27 juni 2017 pkl 22.00 wib,

 

Kemudian lanjutanya, besok secara serentak oleh Polres Kuansing dan Polsek- Polsek di seluruh Wilayah Hukum Polres Kuansing.

 

 Lanjut Kapolres kuansing AKBP.Dasuki Herlambang Sik,MH menyampaikan, kepada wartawankarimuntoday.com selasa malam melalui Ka.Humas Polres Kuansing, AKP.G.Lumban Toruan berharap, "Semoga masyarakat Tetap merasakan aman, nyaman dan kamtibmas yang kondusif, “ ujarnya menandaskan(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

KALENDER BERITA

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30