humas karimun
humas karimun

Dukung ekonomi kreatif, pemerintah perbanyak taman budaya

Published in EKONOMI
Written by  23 June 2012
Rate this item
(0 votes)

Pemerintah berencana terus mengembangkan ruang publik sebagai sarana pariwisata masyarakat lokal yang murah karena minimnya tempat hiburan saat ini. Langkah ini juga dinilai bisa meningkatkan industri ekonomi kreatif dalam negeri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan konsep ruang publik tersebut dalam bentuk taman budaya. Masyarakat dibebaskan dari biaya masuk untuk menarik minat berkunjung. Taman budaya diisi dengan berbagai hiburan rakyat seperti musik atau tarian dan produk ekonomi kreatif lokal atau band indie. "Jadi bisa juga dia (masyarakat) mendapat income dari itu," ujarnya saat ditemui di Hotel Hyatt, Jakarta, Sabtu (23/6).

Dia mengatakan pemerintah berharap bisa mengembangkan taman budaya ini di 25 kota di Indonesia. Pemerintah akan menggandeng pemerintah daerah untuk menyukseskan program ini. "Kami akan melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah dalam 2 minggu kedepan di Surabaya," katanya.

Mari menegaskan kementerian  akan membicarakan bantuan kepada pemerintah daerah tersebut agar program bisa sukses di masing-masing kota. "Misalnya Bali saya rasa cukup bagus sehingga bantuannya bisa bagaimana kita aktivasi lebih banyak program," katanya. Bantuan bagi daerah lain bisa merupakan bantuan fisik. 

Dia berharap taman budaya yang dibangun berada di tengah kota hal ini untuk mengaktivasi ruang publik sebagai bagian ekonomi kreatif. "Masyarakat pasti dengan sendirinya akan datang. Seperti datang ke Monas ya," ungkapnya.

sumber : merdeka

KALENDER BERITA

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30