humas karimun
humas karimun

Profil Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si

Published in PROFIL
Written by  29 June 2012
Rate this item
(0 votes)

Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si
BUPATI KARIMUN

Nurdin Basirun lahir di Pulau Moro pada tanggal 7 Juli 1957. Pada saat itu Pulau Moro merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Riau, Propinsi Riau. Namun semenjak pemekaran pada tahun 2000, Kecamatan Moro masuk kedalam wilayah Kabupaten Karimun, Propinsi Kepulauan Riau. Semasa kecil, Nurdin sering berpindah-pindah pindah dari satu pulau ke pulau lain karena orang tuanya seorang guru yang setiap saat harus siap dipindahtugaskan.

 

Pulau Moro di Kepulauan Riau boleh jadi merupakan kenangan indah baginya, karena sejak masa kanak-kanak hingga beranjak dewasa dia tinggal di pulau itu. Dari pulau Moro inilah tertanam kecintaannya terhadap laut. Sebab pulau yang ketika itu merupakan bagian dari Kecamatan Karimun, merupakan basis nelayan tangkap dan tempat pengumpulan ikan yang diekspor ke Negeri Singa, Singapura.

Nurdin muda mengawali karirnya dari bawah, menekuni profesi pelaut sebagai ABK biasa hingga menjadi kapten. Selanjutnya dia mulai berbisnis dan akhirnya memiliki beberapa armada pengangkut ikan. Dari sinilah namanya mulai dikenal masyarakat hingga mengantarkannya menjadi orang nomor 1 di Kabupaten Karimun.

Mengisi Visi Azam peningkatan ekonomi kerakyatan yang sangat menitikberatkan pada sector pertanian, kelautan dan perikanan, dia telah melakukan banyak hal, mulai dari pendirian sekolah kejuruan khusunya Perikanan, program bantuan alat tangkap bagi nelayan, pengemabangan sarana dan prasarana perikanan dan juga budidaya perikanan.

Pria yang ramah ini sepenuhnya sadar bahwa pembangunan suatu daerah tidak dapat dilepaskan dari keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas. Program sebaik apapun, tanpa dukungan sumber daya manusia yang mantap niscaya akan mengalami kendala. Dengan tatapan mata kedepan dan semua keterbatasan yang ada dia berusahan keras meningkatkan kualitas sumber daya manusia setempat, terutama aparatur di lingkunagan Pemda Kabupaten Karimun. Berkat dorongan dan dukungan kuatnya saat ini hamper 10% Pegawai Pemda Kabupaten Karimun berlatar belakang pendidikan S2. Inilah wujud kepedualiannya terhadap dunia pendidikan. Tidak saja pendidikan tinggi, tapi mulai dari Taman Pendidikan Al-Qur’an hinga jenjang-jenjang berikutnya. Bahkan, dia berhasil mewujudkan sebuah Universitas di Kabupaten Karimun.

H. Nurdin Basirun melaksanakan kebijakan pembangunan dengan berpedoman pada empat azam Kabupaten Karimun, yakni :

1. Azam Peningkatan Iman dan Taqwa

Melalui berbagai program, salah satunya adalah pendirian Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) bagi anak usia dini disetiap unit terkecil pemerintahan, mulai dari tingkat desa hingga kecamatan. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Karimun juga memberikan insentif kepada para guru TPQ di Kabupaten Karimun sebanyak 245, dengan 1.199 guru dan 13.800 santri.

2. Azam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia,

Dimana wujud nyatanya adalah pendirian berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, serta pemberian beasiswa bagi pelajar berprestasi.

3. Azam Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Yang difokuskan pada peningkatan taraf hidup nelayan melalui pemberian bantuan alat tangkap, bibit ikan untuk budidaya, sarana dan prasarana perikanan, kredit usaha, dan lain-lain.

4. Azam Pengembangan Seni dan Budaya,

Dengan menggali berbagai potensi kebudayaan dimasyarakat dengan menggelar berbagai festifal yang pada akhirnya mengantarkan kegiatan kebudayaan Kabupaten Karimun berpentas di panggung nasional maupun internasional mewakili Propinsi Kepulauan Riau.

Takdiragukan lagi, sosok Nurdin Basirun sangat dicintai rakyatnya, kemanapun dia melangkahkan kaki, tak kan pernah lepas dari pandangan mata penuh harap akan secercah cahaya, sebagaimana nama yang disandangnya.

Sumber : DKP Karimun

More in this category: Profil Drs. H. Muhammad Sani »

KALENDER BERITA

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31