humas karimun
humas karimun

Indonesia siapkan pengacara hadapi gugatan Jepang

Published in EKONOMI
Written by  13 June 2012
Rate this item
(0 votes)



Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan kesiapan pemerintah Indonesia dalam menghadapi Jepang dalam gugatan ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) mengenai pembatasan ekspor bahan mineral mentah.


"Kita akan siapkan lawyer-lawyer terbaik kita untuk menghadapi gugatan Jepang," kata Hidayat di Jakarta, Rabu (13/6).

Hidayat mengatakan bahwa aturan mengenai pembatasan ekspor bahan mineral mentah yang tertera dalam Peraturan Menteri ESDM nomor 7 tahun 2012 sudah benar adanya. Karena, lanjut dia, pemerintah ingin memenuhi kebutuhan dalam negeri dahulu baru boleh diekspor.

"Tidak ada yang salah, banyak negara saat ini yang juga mengetatkan ekspor bahan mentah mineralnya guna memenuhi kebutuhan dalam negeri atau DMO dan meningkatkan nilai tambah, jadi tidak ada salahnya kita juga melakukan itu," kata dia.

Dia juga sudah menjelaskan ke pihak Jepang. Pada awalnya Jepang mengerti, tetapi lama-kelamaan pihak Jepang keberatan karena beberapa pengolahan atau smelter menunggu bahan baku dari Indonesia. "Aturan tersebut benar, Indonesia saat ini tidak melarang ekspor, hanya membatasi ekspor dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri," katanya.

Hidayat mencontohkan seperti di negara Jepang yang berkembang industri hilirnya karena banyaknya pengolahan disana dan bahan bakunya berasal dari Indonesia. "Kita hanya ingin seperti itu, itu intinya yang saya bilang ke mereka," tegasnya.


//ekbiz

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30