humas karimun
humas karimun

KONI Minta Perhatian Lebih dari Pemerintah

Published in SPORT
Written by  detiksport 09 August 2012
Rate this item
(0 votes)

Jakarta - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Surataman menilai buruknya prestasi di Olimpiade tahun ini tak lepas dari minimnya sokongan dana dari pemerintah.



Angkat besi menjadi satu-satunya cabang yang menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia, atas nama Triyatno (perak) dan Eko Yuli Irawan (perunggu). Sementara cabang bulutangkis yang selama ini diandalkan, tidak mendapatkan medali apapun.

Menurut Tono, kurangnya perhatian pemerintah menjadi penyebab utama kurang maksimalnya penampilan atlet-atlet Indonesia di London. Sebab dana yang diberikan pemerintah sangat minim.

"Dana dari pemerintah itu sangat minim. Pembinaan hanya Rp 9 miliar. Sangat tidak cukup. Jadi pemerintah harus realitis mengenai dana," ungkapnya di Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Tono juga meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan infrastruktur dana guna mendukung atlet-atlet Indonesia dalam pembinaan.

"Olahraga itu prestasi. Kita harus mempersiapkan infastruktur dana yang jelas. Karena tidak jelas, hasilnya seperti ini. Kalau berbicara dana, kami butuh dana untuk atlet-atlet tersebut. Dari pelatnas, sampai hal kecil seperti apa yang mereka makan.

"Harus ada keharusan dana pemerintah melalui KONI dengan program-program Satlak Prima. Jadi ke depan pemerintah harus siapkan dana infrastrukur. Pemerintah harus menyiapkan infrastruktur tiap tahun. Contohnya, cabang olahraga renang. Jangan menggunakan aset negara yang sudah puluhan tahun."

Tono menambahkan, hingga saat ini pihaknya mencoba berkomunikasi dengan pemerintah. Ia berharap, pemerintah lebih mempedulikan dunia olahraga.

"Saya sudah lakukan komunikasi baik lisan maupun tulisan kepada pemerintah. Namun pemerintah belum meresponnya. Mereka lebih mengutamakan yang lain. Seharusnya tidak begitu, olahraga adalah karakter bangsa.

"Jangan jadikan olahraga sebagai pelengkap, tapi bahan pokok. Intinya, pemerintah wajid dan harus konsentrasi. Melalui KONI bangun olahraga bersama-sama. Kami semua harus bertanggung jawab. Pemerintah pun harus realitis dengan dana. Olahraga harus ada konsep," tuntas dia.

( a2s / nds )

KALENDER BERITA

« June 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30