humas karimun
humas karimun

LUAR BIASA! IKATAN MONDEK KUANTAN SINGINGI INDONESIA TERBENTUK

Published in KARIMUN
Written by  20 May 2017
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo :Rahmita Lutfi, Dosen Ekonomi Universitas Riau. Ketua Mondek Kuantan Singingi Indonesia. (INOKU INDONESIA)

 

Pekanbaru,(KT)  - Berawal akan kerinduan kampung halaman dan saling berbagi di perantauan, tercetus bagi perempuan asal Kuantan Singingi untuk membentuk organisasi tempat berhimpun. Untuk sementara organisasi ini diberi nama IKATAN MONDEK KUANTAN SINGINGI INDONESIA (INOKU INDONESIA) yang di ketuai oleh Rahmita Lutfi, Dosen Ekonomi Universitas Riau.

 

 Istilah Mondek ini diambil dari bahasa asli Kuansing yang berarti Ibu atau Mak. Nama ini agak unik untuk menunjukkan identitas daerah bahwa perkumpulan ini adalah perkumpulan perempuan-perempuan berdarah Kuansing. "Nama dan ketua hanya bersifat sementara. Secara perlahan kita akan merumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi termasuk masalah nama ini," ujar Rahmita.

 

Ditanya awal terbentuknya organisasi ini, pengurus IKKS Pekanbaru ini menjelaskan bahwa tidak terlepas dari keinginan untuk bersilahturahmi dan berkumpul. "Awalnya dari chating di whatshapp kawan-kawan ingin berkumpul sesama perempuan Kuansing dan akhirnya terpikir untuk membentuk organisasi bagi perempuan-perempuan Kuansing di Perantauan. Alhamdulillah kita sudah melaksanakan kegiatan 2 kali wirid dari rumah ke rumah..

 

Lebih lanjut anak prof Muchtar Lutfi, orang Kuansing pertama yang menjabat sebagai rektor di Universitas Riau ini menyatakan bahwa begitu banyak perempuan-perempuan Kuansing yang hebat-hebat dan menduduki kedudukan strategis di berbagai bidang. Tetapi rasa cinta mereka terhadap kampung halaman, Kuantan Singingi tak pernah luntur dan bahkan ingin berkontribusi dalam membangun Kuansing. "Inilah yang membuat kita sepakat untuk membentuk ikatan ini," Cetusnya.

 

 Pembentukan ikatan ini mendapat respon positif dan tidak saja diikuti oleh perempuan-perempuan yang berdomisili di Pekanbaru saja tetapi ada yang tinggal di Jepang dan Amerika Serikat. Siapapun boleh bergabung yang mempunyai ikatan dengan Kuansing, baik suami/istri asal Kuansing, datuak/ino/orang tua asal Kuansing, dan lain sebagainya tanpa melihat latar belakang. Terbuka bagi siapa saja untuk saling berbagi. Bagi yang ingin bergabung silahkan invite WA 08127531780," tambahnya.

 

 Meski baru terbentuk mondek-mondek ini berkomitmen akan memberikan sumbangsih demi kemajuan perempuan-perempuan Kuansing di Indonesia dan Insya Allah akan melakukan MONDEK AWARD bagi perempuan perempuan Kuansing yang berjasa dibidangnya dan program lain pada peringatan hari ibu nanti.

 

“ Rahmita berharap organisasi Ikatan Mondek Kuansing ini berdiri di seluruh provinsi di Indonesia dan menghimbau kepada perempuan-perempuan berdarah Kuansing di Indonesia untuk bergabung di dalamnya sebagai tempat berhimpun perempuan-perempuan Kuansing.” Pintanya ( Eki Maidedi).

KALENDER BERITA

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30    
DISPENDA KARIMUN
DISPENDA KARIMUN