humas karimun
humas karimun

Festival Perahu Baganduang Lubuk Jambi Dapat Perhatian Pemerintah Kuansing

Published in KARIMUN
Written by  31 May 2017
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo : Perahu Baganduang Tradisi Masyarakat Kecamatan Kuantan Mudik, Lubuk Jambi, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau.

 

Lubuk Jambi,(KT) - Helat perahu baganduang merupakan tradisi masyarakat Lubuk Jambi, yang diselenggarakan pada saat memasuki Hari Raya Idul Fitri. Perahu Baganduang mempunyai arti dua atau tiga perahu yang dirangkai/diikat menjadi satu (diganduang) menggunakan bambu dan dihiasi dengan berbagai simbol adat yang berwarna-warni.

 

Tiap desa yang ada di daerah Kuantan Mudik dalam festival ini akan mengirimkan perwakilan perahunya untuk dinilai. Dewan jurinya terdiri dari tokoh adat dan ninik mamak yang akan menilai keindahan dan kelengkapan adat yang ada pada perahu peserta. Perahu peserta yang memiliki kriteria lebih, dari sisi keindahan dan adat, akan ditetapkan sebagai pemenang. Dalam beberapa literatur disebutkan kegiatan ini memiliki sejarah panjang. Konon, tradisi berlayar dengan perahu baganduang telah ada semenjak masa kerajaan-kerajaan dahulu.

 

 Perahu ini biasanya dipakai oleh raja sebagai sarana transportasi. Lambat laun tradisi berlayar ini kemudian dipakai untuk mengantar air jeruk (limau) oleh menantu ke rumah mertua dalam tradisi menyambut Hari Raya Yang turut hadir dalam acara pembentukan panitia perahu baganduang ini diantaranya Pemangku adat Mahmud Sulaiman (Datuk Tomo), Abrinal,S.Pd.I (Datuk Lenggang), kemudian Ketua umum terpilih herman susilo,S.Sos,M.Si selaku Camat Pucuk rantau Ketua 1. Perbri mahmud,SP,M.Eng, Selaku kabid sumber daya air dinas PPUR,Ketua 2 sawir,SH,MH Sekretaris Yudi Hendra, dan anggota-anggota lainya.

 

 Seluruh masyarakat lubuk jambi yang diwakili Panitia perahu baganduang mengucapkan terimakasih banyak kepada pemkab kuansing yang telah menganggarkan dana untk pelaksanaan festival parahu baganduang kenegerian koto lubuk jambi Gajah tunggal Yang mana panitia ini akan di SK kan langsung oleh penghulu nan barompek oleh kenegerian koto lubuk.jambi Dan kita tau bahwa perahu baganduang ini merupakan suatu budaya yang telah uckup dikenal di kab.kuansing bahkan se prov.riau

 

Ket Photo : Panitia perahu baganduang ini diantaranya Pemangku adat Mahmud Sulaiman (Datuk Tomo), Abrinal,S.Pd.I (Datuk Lenggang), kemudian Ketua umum terpilih herman susilo,S.Sos,M.Si selaku Camat Pucuk rantau Ketua 1. Perbri mahmud,SP,M.Eng, Selaku kabid sumber daya air dinas PPUR,Ketua 2 sawir,SH,MH Sekretaris Yudi Hendra, dan anggota-anggota lainya.

 

Parahu baganduang bukan hanya helat masyarakat lubuk jambi,akan tetapi juga menjadi ajang silaturrahmi (halal bihalal) masyarakat kenegerian lubuk jambi yang ada di perantauan,Dan kemudian kita berharaf masyarakat yang ada diperantauan bisa pulang bersama-sama pada saat helat lubuk jambi ini Kita berharaf jika memungkinkan festival tahun ini akan disemarakkan dengan rangkaian acara lainya seperti pacu jalur antar desa sekitar arena perahu baganduang yang juga merupakan bagian dari kebudayaan kab.kuansing ujar Ujar ketua umum Herman susilo,S.Sos,M.Si melalui sekretaris yudi Hendra saat dikomfirmasi wartawan

 

Secara terpisah, Ketua 1 Pebri Mahmud,SP,M.Eng menyampaikan ajakan Mari kita lestarikan kebudayan ini secara bersama,”  ujarnya menandaskan Karimuntoday.com (Eki maidedi)

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30