humas karimun
humas karimun

BPJS Ketenagakerjaan dan Disperum KPK Teken MoU, 340 Petugas Kebersihan Dilindungi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Published in KARIMUN
Written by  20 October 2017
Rate this item
(0 votes)

 

 

Ket foto : Kepala (KPCM) BPJS Ketenagakerjan Karimun dan Kadisperum KPK disaksikan Bupati Karimun Aunur Rafiq menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terhadap perlindungan ketenagakerjaan petugas kebersihan Pemkab Karimun, Kamis pagi, (19/10/17), di jembatan satu Coastal area.

 

Karimun,(KT)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Batam -Sekupang melalui BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Mandiri (KCPM) Karimun dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan (Disperum KPK) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama perlindungan ketenagakerjaan terhadap petugas kebersihan yang disaksikan Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kamis,(19/10/17) di kawasan jembatan satu coastal area.

 

Kadisperum KPK Rosmawati mengatakan, sebanyak 340 orang petugas kebersihan yang tersebar di Kabupaten Karimun mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan, hal ini dikarenakan petugas kebersihan rentan terhadap resiko kecelakaan kerja, ucapnya.

 

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang turut hadir menyaksikan penandatangan menyampaikan, kerjasama ini adalah sinergi Pemkab Karimun dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi tenaga kerja setelah sebelumnya juga dilakukan penandatangan MoU terhadap Pegawai kontrak pada 12 Oktober lalu, tutur Rafiq.

 

Ditempat yang sama, Kepala BPJS KCPM Karimun Rudiyanto Panjaitan melalui Andi Saputra wakilnya kepada Karimuntoday.com saat dimintai keterangannya dilokasi penandatanganan mengatakan, kerjasama ini sebenarnya telah dilakukan sebelumnya terhadap 250 petugas kebersihan beberapa waktu lalu, kemaren pihak swasta yakni Bank Mandiri yang menanggung pembayarannya, sekarang langsung dari Pemkab Karimun sendiri, ungkapnya.

 

Andi menambahkan, program yang diikuti adalah jaminan kecelakan kerja (JKK) dan jaminan kematian, seperti apa perlindunganya, misal, untuk program JKK petugas kebersihan yang membersihkan sampah pantai, maaf, meninggal saat kerja, jatuh kelaut dan tidak tertolong, keluarga yang ditinggalkan mendapatkan santunan, rumusnya seperti ini, (jumlah gaji per bulan ×48 kali gaji) misal gajinya UMK Karimun sekarang Rp. 2,6 juta lebih, 2,6 jt × 48, jadi santunannya sekitar Rp. 125 juta serta biaya tambahan lainnya, jelas Andi.(DS)

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30