humas karimun
humas karimun

Linda Gumelar: Anak perlu dikenalkan wirausaha

Published in HIBURAN
Written by  08 September 2012
Rate this item
(0 votes)

Dunia wirausaha tidak sepenuhnya selalu menjadi urusan orang dewasa atau orang tua. Anak-anak pun sejak dini perlu dikenalkan materi wirausaha, karena dapat meningkatkan kemandirian saat mereka dewasa. Mereka akan memiliki daya kreatif yang tinggi dan siap menghadapi tantangan.

 

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PPA), Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan wirausaha yang diajarkan pada anak-anak usia dini (PAUD), merupakan pemberdayaan keluarga guna memajukan Indonesia.

"Ajang ini untuk memberikan kesempatan anak yang memang sudah sejak awal mereka kreatif. Ini tentu harus diberikan support, diberikan akses, akses melalui kegiatan seperti Kidpreneur. Dan ini sangat penting karena anak-anak dididik untuk lebih produktif dan tidak konsumtif," ungkap Linda Amalia Sari Gumelar usai menghadiri grand final Kidpreneur Awards 2012 di FX Plasa Jakarta, Jumat (7/9) malam.

Linda menilai tantangan ke depan bagi anak Indonesia cukup berat. Sehingga jiwa kewirausahaan harus ditanamkan sejak dini pada anak, salah satunya dengan Kidpreneur Award yang diadakan Permata Bank dan Berani Mag saat itu.

"Kita mesti dukung anak untuk belajar, mengikuti pendidikan yang formal setinggi-tingginya. Tapi di sisi lain punya kreativitas yang sesuai dengan bakat itu dikembangkan. Anak juga harus punya iman yang baik dan anak harus punya cita-cita setinggi-tingginya. Jadi dia bisa mandiri dan kuat," jelasnya.

Namun segalanya bisa diraih dengan cara yang tidak mudah, dukungan semua pihak terutama keluarga. Keluarga Linda sendiri ikut juga menerapkan kebiasaan-kebiasaan positif kewirausahaan.

"Kalau saya sama cucu menerapkan menabung. Jika dia ke toko mau beli mainan atau buku, kita kasih pilihan apakah bulan ini mau buku atau mainan. Dari uang itu dia bayar. Jadi dia bisa tahu dengan uang sekian dia dapat apa. Jadi ini salah stu bentuk yang saya ajarkan. Saya kayaknya sudah ajarkan dia dari 3 tahun," tuturnya. (kpl/dis/dar)

KALENDER BERITA

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30    
DISPENDA KARIMUN
DISPENDA KARIMUN