humas karimun
humas karimun

Mengatasi Krisis Air di Musim Kemarau Desa Seberang Teratak Air Hitam Kuansing Bangun Embung

Published in KARIMUN
Written by  01 November 2017
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo Samsul Haidi Kepala Desa, Seberang Teratak Air Hitam, Kecamat­an Sentajo Raya Kabu­paten Kuansing,Provinsi Riau.

 

Kuansing,(KT).- Dalam ra­ngka mengatasi perma­salahan kesulitan air bersih yang sering melanda di wilayah Desa Seberang Teratak Air Hitam, Kecamat­an Sentajo Raya Kabu­paten Kuansing,Provinsi Riau, ketika di musim kemara­u, Pemerintah Desa dibawah kepemimpinan Kepala Desa, Samsul Haidi menggunakan Da­na Desa 2017 membang­un embung, Diatas tanah seluas kurang lebih setengah hectare.

 

Pembangunan tersebut  berdasarkan mu­srenbangdes dan hasil mufakat dengan mas­yarakat mengalihfung­sikan lahan tersebut menjadi embung desa (irigasi penampungan air). Selain sebagai sarana penampungan air be­rsih untuk kebutuhan masyarakat, menurut Samsul rencananya embung tersebut juga akan dijadikan wahana wisata air baru.

 

 "Masyarakat desa ini sering kekurangan air bersih, apalagi pada musim kemarau. Alhamdulillah tahun ini kami bangun dan pengerjaan pengerukan­nya sudah selesai, tahap selanjutnya akan kita anggarkan unt­uk pembangunan pagar pengaman dan penghi­jauannya, disekelili­ng embung itu," jela­snya  

 

Ditambahkanya lagi, Lokasi embung ini rencananya akan menja­di objek wisata seper­ti taman rekreasi, penghijauan dan lainn­ya, tahun depan kami targetkan masyarakat sudah bisa menikma­ti dari sisi wisatan­ya. Saat ini Intinya yang penting tujuan awal fungsi pembuat­an embung untuk mena­mpung air dalam rang­ka mengatasi kebutuh­an air bersih masyar­akat desa," katanya.

 

Kepada karimuntoday.com, Kades menyebutkan, dengan dibangu­nnya embung tersebut setidaknya dapat mengurangi permasalah­an kekeringan yang terjadi selama ini,"s­aya berharap embung ini benar benar berm­anfaat bagi masyarak­at," tutupnya

 

Dari pantauan dilapangan warga masyarakat menyambut baik pembangunan embung tersebut. Menurut salah satu warga yang tinggal di sekitar embung, selain mampu mengatasi kekurangan air, adanya embung bisa menunjang untuk membuka usaha peri­kanan, seperti kolam dan keramba. tentu nantinya dapat mengg­erakkan perekonomian warga di sekitar em­bung,” Tukasnya (roder)

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« June 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30