humas karimun
humas karimun

Sosialisasikan Kepesertaan Bagi Pekerja Mandiri, BPJS Ketenagakerjaan Karimun Bantu Pelaku UKM Pasarkan Produk

Published in KARIMUN
Written by  09 December 2017
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo : Bupati Karimun H. Aunur Rafiq saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan serta promosi produk pelaku UKM dan IKM di Pasar Puan Maimun, Sabtu, (09/12/16).

Karimun,(KT) - Dalam upaya mengenalkan serta meningkatkan kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketengakerjaan terhadap pekerja mandiri atau pekerja informal yang merupakan pekerja bukan penerima upah (BPU), BPJS KPCM Karimun menggandeng pelaku UKM dibawah naungan rumah kreatif BUMN di Kabupaten Karimun, dengan menggelar kegiatan sosialisasi bersama di pasar Puan Maimun, Sabtu,(09/12/17).

 Kepala BPJS KPCM Karimun Rudianto Panjaitan saat diwawancarai karimuntoday.com mengatakan, tidak hanya mensosialisasikan program dari BPJS Ketenagakerjaan, namun kita dalam hal inj juga membantu para pelaku usaha UKM di Karimun mempromosikan produk-produk mereka, selain mereka merasakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan, para pelaku UKM juga memiliki kesempatan dalam memasarkan produk mereka, tuturnya.

 Berdasarkan informasi dari rumah kreatif BUMN yang didukung BNI sambung Rudianto, bahwa di Kabupaten Karimun ini ada sekitar 1500-2000 pelaku UKM dari berbagai produk, ada produk kerajinan dan juga makanan, pada sosialisasi tahap pertama ini baru diikuti sebanyak 20 pelaku UKM dan mereka telah mendaftar kepesertaan, kedepan, kita akan melakukan sosialisasi lebih instens lagi, ujar Rudianto.

Dikatakan Rudianto, Para pelaku UKM ini juga bekerjasama dan digerakkan pemerintah daerah Karimun melalui dinas perdagangan, koperasi, UKM dan ESDM, dan kita mensupport memasarkan serta memberikan perlindungan sosial kepada mereka, agar mereka lebih mengenal BPJS Ketenagakerjaan, karena selama ini masih banyak yang mengira BPJS Ketenagakerjaan itu adalah BPJS Kesehatan, padahal dua instansi yang berbeda, kita penyelenggara jaminan sosial Ketenagakerjaan sedangkan jaminan sosial kesehatan untuk BPJS Kesehatan, jelasnya.

 Sementara itu, Bupati Karimun H. Aunur Rafiq yang turut hadir serta membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut sangat mendukung upaya yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan disamping mengikuti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan amanat Undang-undang untuk memberikan perlindungan ketenagakerjaan kepada pekerja oleh pemberi kerja, para pelaku UKM juga diberi ruang memasarkan produk mereka yang merupakan penggerak ekonomi kerakyatan.

Pantauan Karimuntoday.com dilokasi, berbagai produk kerajinan dan makanan dipajang para pelaku usaha UKM, tampak makanan dendeng singkong, kerupuk dari ikan tenggiri, otak-otak serta berbagai jenis kue dan jajanan dipromosikan dalam kegiatan itu, kegiatan sosialisasi tersebut turut didukung rumah kreatif BUMN, Dekranasda Karimun, BNI, Perusda, gerai UKM dan tentunya pemkab Karimun dan BPJS Ketenagakerjaan. (DS)

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« January 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31