humas karimun
humas karimun

LBM : PPID Kabupaten Lingga belum maksimal dan Transparan Sajikan Dokumen Informasi Publik

Published in LINGGA
Written by  08 January 2018
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo : Hairul Anwar Ketua Umum DPP LBM Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

Daik,(KT) - Laskar Bunda Melayu (LBM) menyebut Pemerintah Kabupaten Lingga,Provinsi Kepri, belum menyajikan dokumen informasi publik secara optimal. Hal ini terlihat dari masih adanya dokumen yang masuk kategori 'wajib disediakan' tidak terunggah di website PPID Kabupaten Lingga.

 Pemkab Lingga telah memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). PPID ini merupakan amanat dari UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). "Kami melihat PPID Kab. Lingga belum optimal, bahkan masih tertutup," ujar Hairul Anwar Ketua Umum DPP LBM, Senin (8/1/2018), kepada karimuntoday.com.

Ia mengatakan Masih banyak catatan yang harus disampaikan terkait PPID antara lain koordinasi antara PPID utama dan pembantu (tingkat organisasi perangkat daerah) masih lemah. Juga layanan PPID yang tidak maksimal ketika masyarakat/lembaga meminta dokumen publik. Serta belum masuknya semua dokumen berkategori bisa disajikan, tersaji di website seperti Perda dan Produk hukum lainya.

 Dalam UU KIP ada beberapa kategori dokumen publik yang bisa disajikan yakni dokumen disajikan secara berkala, juga dokumen yang tidak bisa tersaji karena ada rahasia negara. Dokumen yang wajib tersaji (baik seketika ataupun berkala) antara lain dokumen anggaran, Dokumen anggaran itu antara lain APBD, realisasi anggaran dan sebagainya yang menyangkut anggaran.

Terkait hal ini, PPID masih belum optimal. LBM menilai hal ini terjadi karena petugas PPID belum bisa memilah mana dokumen yang berkategori wajib disajikan, dan tidak bisa disajikan. "Dokumen yang tidak bisa disajikan untuk ada aturannya dalam UU," tegas Hairul

Selain itu, LBM juga menilai PPID Kabupaten. Lingga juga lamban dalam merespon aspirasi masyarakat. Hairul menegaskan, LBM perlu mengingatkan hal ini supaya ada transparansi dokumen publik kepada masyarakat di Kabupaten. Lingga Transparansi ini menjadi penting untuk menciptakan pemerintahan yang tidak koruptif, transparan, dan akuntabel,” Tukasnya

 

Secara terpisah, Kepala Badan PPID Kabupaten Lingga sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya, terkait kritikan dan masukan dari LBM, terkait belum maksimalnya serta masih kurangnya transparansi tentang keterbukaan informasi public atas dokumen berkatogori yang bisa di sajikan ke masyarakat, seperti, Buku APBD dan Realisiasi Anggaran, belum dapat dimintai Konfirmasinya.(lh)

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30