humas karimun
humas karimun

Kades Pebaun Hulu Kuantan Mudik! Dana Desa Tahun 2017 Sudah Sesuai Peruntukan

Published in KARIMUN
Written by  20 January 2018
Rate this item
(0 votes)

 

 

Ket Photo: Kades Pebaun Hulu, Guntur di dampingi Pendamping Desa, Azirwan Tonizon lakukan Peninjauan Pembangunan Phisik Jalan Usaha Tani.

 

Kuantan Mudik,(KT) - Azirwan Tonizon Pendamping Desa yang bertugas untuk melakukan pendampingan terhadap 4 Desa di Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing),Provinsi Riau, mengutamakan Kualitas Pembangunan Fhisik yang menggunakan ADD terhadap Desa Dampingannya sehingga Bangunan tersebut betul betul bermanfaat terhadap masyarakat, 4 Desa Dampingannya adalah Desa Muarao Tombang, Desa Saik, Desa Pebaun Hulu dan Desa Pebaun Hilir.

 

 Dalam pendampingan tersebut setiap pendamping melakukan tugasnya sebagai memfasilitasi masyarakat dalam Musyawarah Desa ( Musdes ) pembuatan Rencana Kerja Pemerintah ( RKP ) pada setiap desa yang didampinginya sampai ke pelaksanaan teknis serta membantu membuat spj dan pemantau kegiatan yang sedang di kerjakan, hal tersebut disampaikan pendamping Desa, Azir melalui akun Wa nya Kamis (19/01/2018) malam, Kepada karimuntoday.com.

 

Di samping itu, dari desa yang di dampinginya adalah desa pebaun Hulu, yang dalam melaksanakan kegiatannya menggunakan pendapatan keseluruhan pada tahun 2017 sebanyak Rp. 992.787.000 dengan penggunaan sebagai berikut: 24 persen untuk bidang pemerintahan Desa, 70 persen untuk Pembangunan Desa , 3 persen untuk pembinaan kemasyarakatan dan 3 persen untuk pemberdayaan Masyarakat.

 

Sementara itu. Kepala Desa Pebaun Hulu Guntur menyampaiakan, bahwa pada tahun 2018 ini akan memprioritaskan pembangunan Jalan Usaha Tani dan Jalan Produksi menuju lahan cetak sawah baru yang di laksanakan pada Tahun 2009/2010 yang lalu hingga kini belum ada jalan, karena akses jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dan akan menjadi potensi baru dalam pengembangan desa.

 

Lebih lanjut pembangunan kantor desa yang kondisi kantor desa sekarang cukup sempit dan sudah seharusnya di lakukan pembangunan gedung baru , namun berkaitan dengan hal tersebut Guntur akan mengkomunikasikan kepada dinas terkait bisa atau tidaknya dana desa di gunakan untuk itu, sebutnya.

 

Selain itu Guntur menambahkan prioritas lainnya adalah pemberdayaan masyarakat dengan cara membantu masyarakat untuk mengembangkan usahanya dengan keahlian yang dimiliki oleh masyarakat tersebut dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa , oleh karena itu dalam waktu dekat Desa pebaun Hulu akan melakukan sosialisasi pembentukan BUMDES untuk menampung usaha usaha yang di miliki masyarakat nantinya.

 

Sementara itu di sampaikan pendamping desa Pebaun Hulu Azir menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di desa yang menggunakan DD dan ADD haruslah terlaksana sesuai dengan RAB dan tidak asal membangun, Kualitas fisik sangat di utamakan ,sebutnya.

  

Adapun, dari Dana Desa yang ada di desa pebaun hulu tersebut telah berhasil membangun gedung PAUD, TK, Semenisasi, Turap dan Kompang,Selanjutnya pendamping desa mengatakan bahwa jika pengerjaan sesuai dengamn RAB tepat waktu maka desa binaan bisa menjadi Desa yang mandiri dan dana transparan. Aggaran 2018 ADD Rp.382.256.000 dana desa Rp. 676.648.000 dengan total yang akan di terima desa Pebaun Hulu Rp.108.048.9000.,” Tutupnya (Lidia Ningsih /Roder Alvaro)

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« May 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31