humas karimun
humas karimun

Dangkong Dance Festival Semarakkan Peringatan HUT Kabupaten Karimun

Published in HIBURAN
Written by  17 October 2012
Rate this item
(0 votes)

KARIMUN ( karimuntoday ) - Perayaan Hari Jadi ke-13 Kabupaten Karimun pada 12 Oktober tahun 2012 bertambah meriah dan semarak karena banyak sekali rangkaian kegiatan acara dalam memeriahkan HUT tersebut.

Yang hebatnya lagi, beberapa negara jiran bersama rombongan berkunjung ke daerah ini untuk meramaikan festival yang diselenggarakan Pemkab Karimun melalui Dinas Pariwisata Seni dan BudAYA ( DISPARSENIBUD ) Kabupaten Karimun yakni, " Dangkong Dance Festival Tahun 2012 ". yang akan dilaksanakan dilangsungkan selama dua hari, sejak ( 13/10 ) berakhir pada ( 14/10 ) malam yang disejalankan dengan penyerahan hadiah.

Bertempat di, Panggung Rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Dangkong Dance Festival Tahun 2012 oleh Disparsenibud digelar, Sabtu ( 13/10 ) pukul 20.00 WIB. Dalam pembukaan Dangkong Dance Festival  tahun ini di hadiri, Bupati Karimun, DR.H.Nurdin Basirun, beberapa FKPD lainya, SKPD Pemkab Karimun, tim kesenian dari negara tetangga ( Singapura dan Malayasia ), tim kesenian Kabupaten/Kota Provinsi Kepri serta dari Provinsi Riau dan Ribuan Masyarakat dari sembilan Kabupaten Karimun.

Drs.Suryaminsyah, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan BudAYA ( DISPARSENIBUD ) Kabupaten Karimun selaku ketua pelaksana dalam laporanya menyampaikan, peserta atau tim kesenian dari negara jiran atau Provinsi Riau yang menggikuti Dangkong Dance Festival dalam rangkaian acara HUT Kabupaten Karimun Tahun 2012 ialah, Tim kesenian Teater Tri Naim ( Singapura ), Majelis Perbandaraan, Batu Pahat ( Malaysia ), Poleteknik Sultan Nizam Zainal Abidin ( Malaysia ), Wanita Bere ( Malaysia ), Btavai Dance ( Jakarta ), Teraktak ( Jambi ), Dinas Kebudayaan Indra Giri Hilir ( Riau ), Harian Forum Peduli, Pekanbaru ( Riau ), Dinas Kebudayaan Meranti ( Riau ), Kota Pekanbaru, Sanggar Tari Tuah Betong ( Dumai )." Ujarnya.

Sedangkan perserta Kabupaten/Kota Provinsi diikuti oleh, Pusat Latihan Seni Budaya ( Karimun ), Sanggar Seni Saujana ( Karimun ) serta Sanggar Nirmala ( Karimu ) dan Kota Tanjung Pinang." Terangnya Wak Min sapaan akrab sehari-hari.

Adapun tujuan dari acara tersebut Wak Min menyebutkun, untuk mengalai, mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya khususnya budaya melayu sebagai aset budaya bangsa." Kabupaten Karimun banyak sekali terdapat budaya-budaya melayu yang berpotensi dan harus selalu dikembangkan, oleh sebabitu melalui kegiatan ini salah satu bentuk membudayakanya dan juga sebagai ajang promosi terhadap negara-negara lainya sehhingga berdaya saing." Ungkapnya.

Pada kesempatan ini Wak Min menambahkan, pada 15 hingga 24 Oktober juga akan dilaksanakan " Pelangi Budaya " yang diikuti, Rumpun Melayu Bersatu ( RMB ), Persatuan Keluarga Sumatera Barat (  PKSB ), Paguyuban Pasundan, Among Mitro, Forum Komunikasi Batak Kabupaten Karimun ( FKBKK ), PSMTI, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ( KKSS ) dan Kerukunan Keluarga Kalimantan. Yang mana acara tersebut juga dipusatkan bertempat di, Panggung Rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Kabupaten Karimun." Paparnya.

Bupati Karimun, DR.H.Nurdin Basirun dalam sambutan mengatakan, melihat banyaknya peserta kesenian dari negara Singapura dan Malaysia serta Provinsi Riau sangat menjadi kebangaan bagi Kabupaten Karimun. Dengan demikian segala ragam budaya dan kesenian daerah ini bisa dilihat secara langsung dari negara jiran yang menjadi tamu pada saat ini." Ujarnya dengan singkat.

Usai sambutan, Nurdin Basirun menyerahkan cendera mata kepada seluruh peserta dilanjutkan dengan pemukulan gong tanda dibuknya Dankong Dance Festival tahun 2012. ( nov.k )

KALENDER BERITA

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31