humas karimun
humas karimun

Karena Tidak ada Dokter, Puskesmas Tajur Biru Lingga disoroti LSM

Published in LINGGA
Written by  13 February 2018
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo :  Hairul Anwar Ketua Umum Laskar Bunda Melayu.

Lingga,(KT) - Salah satu wujud nyata penyediaan layanan publik di bidang kesehatan adalah dengan keberadaan pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas). Tujuan utama keberadaan Puskesmas adalah menyediakan layanan kesehatan yang bermutu untuk masyarakat, namun tidak untuk Puskesmas Desa Tajur Biru Kecamatan Senayang yang saat ini menuai keluhan dari beberapa pasien karena terbatasnya ketersediaan dokter.

Seperti yang dikeluhkan Hairul Anwar Ketua Umum Laskar Bunda Melayu, Minggu (11/02/2018). Hairul menyampaikan keprihatinannya seperti yang terjadi di Puskesmas Tajur Biru, pasalnya karena disana tidak ada dokter, yang ada hanya perawat yang melakukan pemeriksaan kepada pasien. “Bagimana mau puas, kalau perawat yang periksa, sementara peran perawat kita semua tau kalau hanya mampu memberikan perawatan berdasarkan diagnosa dokter. Dan rata-rata puskesmas dipulau-pulau tidak ada dokter” Tuturnya dengan sedikit nada kesal.

Ia menambahkan jika masyarakat mengeluhkan kepada LSM Laskar Bunda Melayu. Sebagai wadah masyarakat kelas bawah ia berharap dinas kesehatan menindak lanjuti laporan tentang puskesmas tersebut, apa bila Kepala Dinas Kesehatan kinerjanya lamban agar dicopot dari jabatannya jangan diberikan toleransi. "saya bersama teman-teman atas nama Masyarakat Kabupaten Lingga miminta kepada Bapak Bupati Kabupaten Lingga agar segera mencopot jabatan Kepala Dinas Kesehatan jika terbukti lamban dalam menangani permasalahan ini apa lagi menyebabkan kematian dikeluarga kami.

 Kalau tidak berarti bapak sudah ingkar janji kepada masyarakat Kabupaten Lingga untuk mensejahterakannya. Kalau kesehatan saja terancam bagaimana mau sejahtera", ujarnya dengan rasa kecewa.

Salah satu warga desa Tajur Biru yang tidak ingin dipublikasi identitasnya menyayangkan kejadian ini.

"Kalau musibah menimpa keluarga dan masyarakat kecil seperti kami, kami cume bise diam dan berdoa. Tetapi seandainye ini terkene same keluarge bupati, wakil bupati, dewan, kepala dinas pasti puskesmas kalang kabut." Ungkapnya kesal (red/rls)

 

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« February 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28