humas karimun
humas karimun

Dua LSM Bakal Laporkan Dugaan Penyelewengan DJPL PT Bukit Merah Indah ke KPK

Published in KARIMUN
Written by  15 February 2018
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo : Muklansyah Ketua LSM RCW Kepri dan Andi Sufandi Ketua LSM Payung Mahkota Karimun.

 

Karimun,(KT) – Dua Lembaga Swadaya Masyarakat,(LSM), RCW Kepri dan Payung Mahkota Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri bakal melaporkan adanya dugaan penyelewengan Dana Jaminan Pengelolaan Lingkungan,(DJPL), PT Bukit Merah Indah,(BMI), ke Komisi Pemberantasan Korupsi,(KPK), Pasalnya dari data yang mereka miliki Perusahaan tersebut disenyalir berkonspirasi dengan Oknum Pejabat di Lingkungan Dinas Pertambangan kala itu, untuk mencairkan dana proposal di ajukan oleh PT BMI untuk kepentingan Reboisasi dan reklamasi Pasca Tambang di Pulau Peropos dan Pulau Kas di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

 

Hal tersebut dikatakan, Muklansyah Ketua LSM RCW Kepri kepada karimuntoday.com, Kamis,(15/2/2018), Ya’ dalam waktu dekat LSM dipimpinya dengan LSM Payung Mahkota di Pimpin oleh, Andri Sufandi, dari Kabupaten Karimun insya allah pekan depan akan melaporkan adanya dugaan penyelewengan DJPL Pasca Tambang PT Bukit Merah Indah sebesar 2,6 milyar ke KPK, dan juga di duga ada keterlibatan oknum pejabat dilingkungan Dinas Pertambangan Karimun kala itu,ikut berkonspirasi sehingga proses pencairan DJPL berjalan dengan mulus,” Pungkasnya

 

“ Dia menemukan adanya dugaan keterlibatan oknum pejabat dilingkungan Dinas Pertambangan Kabupaten Karimun pada proses pencairan DJPL, sehingga proposal di ajukan oleh pihak perusahaan sebesar, Rp. 2,6 Milyar katanya diperuntukan untuk melakukan reklamasi dan reboisasi dapat di cairkan di bank dengan mudah dapat diproses, dan ternyata pengelolaan lingkungan kenyataanya dilapangan sangat bertolak belakang, tidak terlihat sama sekali kegiatan reklamasi maupun reboisasi secara menyeluruh,dan terindikasi dana 2,6  milyar tersebut tidak digunakan keseluruhan untuk pengelolaan lingkungan,” Tuturnya

 

Ditambahkanya lagi, Apalagi Dana Jaminan Pengelolaan Lingkungan Pasca Tambang PT BMI tersebut sudah menjadi temuan BPK Pusat,dan sudah ditindak lanjuti oleh BPKP Kepri serta Inspektorat Karimun sekaligus kedua badan pemeriksa keuangan tersebut melakukan investigasi lansung kelapangan Pulau Peropos dan Pulau Kas dan hasilnya sungguh mencengkan,” Katanya

 

Secara terpisah, H. Usman Ahmad salah seorang Mantan Kabid di Dinas Pertambangan Kala itu, dan juga ikut menandatangani pengajuan proposal DJPL Pasca Tambang PT BMI yang melakukan penambangan bauksit di Pulau Peropos dan Pulau Kas ketika dikonfirmasi karimuntoday.com via hp selularnya Kamis,(15/2/2018), terkait proses pencairan DJPL dan adanya indikasi penyelewengan yang dilakukan, mengatakan, Bahwa dia sudah lupa, saya sudah lupa dan tidak ingat lagi, karena sudah lama,” Katanya Singkat

 

Dikutip dari Tribunews Batam, Kepala Inspektorat Daerah Karimun, Dedi Hardiman membenarkan pihaknya melakukan audit DJPL, salah satunya PT BMI. Audit dilakukan 14 Agustus-20 September 2017.

 

Hanya saja, Dedi mengaku tidak tahu terkait pencairan DJPL PT BMI sebesar Rp 2,6 miliar tersebut pada 2009. Ia menyebut pernah mendengar tapi tidak pernah melihat dokumennya.

 

Meski begitu, Dedi sempat menanyakan hal tersebut ke Dinas ESDM (dulu Dinas Pertambangan, red) tapi tidak dokumennya sudah diserahkan ke provinsi.

 

“Saya dengar pernah tapi dokumennya saya tidak lihat, saya tanyakan ke Dinas Pertambangan, katanya mereka sudah tidak tahu lagi karna sudah lama, timnya juga sudah bubar,” kata Dedi Hardiman di ruang kerjanya, kemarin.

 

Perihal hasil tim  audit di sejumlah lokasi bekas penambangan perusahaan bauksit asal Tanjungpinang itu, Dedi juga mengaku sudah menyerahkan ke Pemprov Kepri berikut jumlah dana DJPL yang ada yakni sekitar Rp 9 miliar.

 

“Kesimpulan kami reklamasi pasca  tambang tidak dilakukan perusahaan, kalau pun pernah dilakukan dokumen laporannya. Kami sudah minta tapi sampai saat ini, tidak diserahkan, kami menganggap tidak pernah dilakukan," jelas Dedi (kt/trbn)

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« June 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30