humas karimun
humas karimun

Empat Bulan Buron, Harimau Bonita Pemangsa Manusia Akhirnya Berhasil Ditangkap

Published in KARIMUN
Written by  21 April 2018
Rate this item
(2 votes)

 

Ket Photo : Regu 2 patroli terdiri dari 1 brigadir korpri Naldi 2 Satrio 3 polhut santino Gomes 4 polhut Firmansyah 5r Yadi Melaksanakan patroli ke kebun eboni afdling 4. yang berhasil Melumpuhkan Harimau Bonita.

 

INDRAGIRI HILIR, (KT) – Upaya Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau untuk mengevakuasi harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) akhirnya berhasil setelah empat bulan lamanya. Bonita ditangkap setelah dilakukan penembakan bius oleh petugas gabungan, sekira pukul06.50 pagi, kemarin.

“Malam ini (tadi malam) langsung menuju pusat rehabilitasi harimau di Kabupaten Dharmasaraya Sumatera Barat,” kata Kepala BBSKDA Riau, Suharyono, kepada wartawan, Jumat malam, (20/4/2018).

Menurutnya, Tim gabungan terdiri dari TNI, Polri dan BBKSDA Riau membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengevakuasi Harimau Bonita pemangsa manusia di suatu daerah di kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, karena medan yang ditempuh cukup sulit.

“Malam ini (tadi malam) saya langsung meluncur ke lapangan untuk memantau evakuasi harimau,” ujarnya, seperti dikutip karimun today.com dari riaukepri.com.

Dijelaskannya, setelah ditembak bius, Harimau Bonita langsung ditempatkan di dalam kerangkeng besi tersebut langsung dibawa ke Sumatera Barat melalui jalur darat.

Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Roni Putra mengatakan harimaun Bonita ditangkap di Kecamatan Pelangiran, tepatnya areal perkebunan PT Tabung Haji Indo Plantation.

“Lokasi itu yang selama ini menjadi areal jelajah satwa dilindungi tersebut dan sempat menerkam dua warga korban, yakni Jumiati, karyawan perusahaan sawit asal dan seorang warga, Yusri Efendi,”pungkasnya.

Adapun Kronologis penangkapan di himpun karimuntoday.com, Sekira pukul 06:00 Wib, regu 2 patroli terdiri dari 1 brigadir korpri Naldi 2 Satrio 3 polhut santino Gomes 4 polhut Firmansyah 5r Yadi Melaksanakan patroli ke kebun eboni afdling 4.

Setiba di area blok 76/77 tem melihat keberadaan HS (Bonita) ditepi kebun dan tem lansung melaksanakan pengendapan dan penembakan bius yang di lakukan oleh polhut Firmansyah,dan mengenai bagian paha sebelah kiri dan setelah di ikuti kurang lebih 1km dgn cara mengikuti jejak tem menemukan HS dlm keadaan pingsan di tepi areal kebun blok 79 afdling 4 kebun eboni dan tem segera menghubungi dr tem dr Dita untuk melaksanakan evakuasi dan di bantu pihak perusahaan

 

 Karena curah hujan yang cukup lebat dan daya tahan tubuh HS yang kuat dr tem memutuskan untuk melaksanakan pembiusan ulang dengan cara di tulup.setelah tem dr menyatakan HS dlm keadaan tertidur aman tem memasukan hs ke bok evakuasi dan pd pukul 12:00 hs berhasil di evakuasi dan rencana akan di karantina di pusat penyelamatan harimau Damasraya sumbar.(*/helmy ridar/Ridho).

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« July 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31