humas karimun
humas karimun

Pengamat Ekonomi Perkembangan Jumlah Pasar di Kuansing 5 Tahun Terakhir tidak Signifikan

Published in KARIMUN
Written by  27 April 2018
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo : Pengamat Ekonomi Riau, Eko Trian Zulhadi.

Pekanbaru, (KT) . Pengamat Ekonomi Riau, Eko Trian Zulhadi  mengatakan Pemerintahan Mursini -Halim saat ini sebaiknya fokus pada perbaikan infrastruktur pasar dan penambahan pasar - pasar di tingkat kecamatan. Pasalnya data bps kuansing perkembangan jumlah pasar selama 5 tahun terakhir tidak mengalami perubahan berarti dan sebaran pasarnya pun tidak signifikan.

Dikatakannya, jumlah pasar dikabupaten kuansing saat ini berjumlah 48 unit.padahal untuk menunjang pergerakan transaksi barang dan jasa dalam sebuah perekonomian diperlukan sebuah pasar refresentatif beserta pengolahannya karena pasar merpakan terjadinya pertukaran barang dan jasa. Tempat terjadinya pergerakan harga yang diakibatkan olrh pergerakan permintaan dan penawaran barang dan jasa di pasar.

Secara hitungan nilai ekonomi pasar yang perlu dibangun saat ini pasar- pasar yang ada ditingkat kecamatan artinya pasar yang sudah ada diperbaiki infrastrukturnya atau dibangun pasar baru maka jumlah uang beredar akan sama disetiap kecamatan dikabupaten kuansing imbuhnya.

Disamping itu juga, dengan dibangunkan pasar di kecamatan yang refresentatif juga akan berdampak dalam mengurangi tingkat ketimpangan pembangunan antar wilayah di negeri jalur ini dan secara otomatis perekonomian akan bergerak secara menyeluruh.. Nah,' bagaimanakah saat ini dengan apbd kuansing yang minim dan disaat anjloknya harga karet, dianya mengatakan bahwa kebijakan ekonomi bisa kita lihat baik secara normatif dan positif secara positif dan normatif fenomena ekonomi seperti resesi hal yang biasa saja dinegara majupun seperti eropa dan amerika tetap saja terjadi resesi ekonomi pada tahun 1930 an apa yang dinamakan great depresian colapnya atau bangkrutnya perusahaan besar yang mengakibatkan pengangguran hebat kala itu kemiskinan merajalela tetapi dengan sebuah pemikiran dan kerja keras dari jhon kyenes bahwa untuk mengatasinya perlu pemerintah ikut campur tangan untuk keluar dari resesi tsb oleh karenanya kerja keras pemerintah dari sebuah pemikiran kyens ekonomi eropa bangkit kembali seperti semula

Nah’ dapat kita ambil pelajaran bahwa berapapun berat persoalan ekonomi di kabupaten ini tentunya tergantung kerja keras dari pemerintahan sekarang pilihan - pilihan kebijakan -kebijakan yang tepat dan akan bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan daerah karena amanat otoda sudah lama ada di negeri ini, tinggal kemauan pemimpin untuk membaca peluang tersebut dengan bekerja keras agar ekonomi di kuansing bisa bangkit dan pendapatan perkapita masyarakat merangkak naik,” Tutupnya (rdr)

Reporter : Roder

Editor      : Helmy Ridar

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« May 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31