humas karimun
humas karimun

Tingkatkan Peran Kaum Perempuan Dibidang Politik, Wujudkan Program Akhiri 3 Plus

Published in ANAMBAS
Written by  30 April 2018
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo : Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi beserta peserta kegiatan Politik Perempuan Dalam Upaya Terwujudnya 30% Keterwakilan Perempuan di Legislatif dalam rangka Peringatan Hari Kartini, di Gedung Serbaguna Sri Srindit, Batu Hitam, Ranai, Sabtu lalu. foto humas,

NATUNA, (KT) - Bupati Natuna yang diwakili Sekda Kabupaten Natuna Wan Siswandi mengatakan saat ini partisipasi perempuan di bidang politik di kabupaten Natuna secara umum dapat terlihat dari jumlah keterwakilan kaum hawa sebagai anggota  legislatif (DPRD). 

Pada pemilu tahun 2014 hanya 1 orang perempuan dari 20 anggota DPRD Natuna yang tersedia. Artinya, jumlah presentase keanggotaan kaum perempuan dalam lembaga Legislatif belum mencapai 30% sebagaimana yang telah diamanatkan Undang-undang.

Hal ini berdampak pada lambannya berbagai upaya percepatan pembangunan serta berbagai bentuk perjuangan peningkatan kaum perempuan secara keseluruhan. 

"Oleh karenanya dirasa harus ada berbagai langkah konkrit yang melibatkan berbagai unsur, terutama kepada pihak Partai Politik yang harus memberikan peluang kepada anggota perempuan dalam pengajuan kuota calon yang akan ikut dalam Pemilihan,"kata Wan Siswandi,saat membuka kegiatan Politik Perempuan Dalam Upaya Terwujudnya 30% Keterwakilan Perempuan  di Legislatif dalam rangka Peringatan Hari Kartini, di Gedung Serbaguna Sri Srindit, Batu Hitam, Ranai, Sabtu lalu..

Selain itu, Siswandi juga menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan pendidikan politik perempuan juga bertujuan untuk membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup dan pemenuhan hak perempuan. Sebagai upaya nyata untuk turut mensukseskan Program Akhir Tiga Plus (Akhiri Kekerasan terhadap perempuan dan anak, Perdagangan orang, Kesenjangan Ekonomi) dan PLUS akhiri ketertinggalan perempuan dalam politik.

"Untuk itu, pemerintah daerah akan terus mendorong berbagai bentuk kegiatan guna mewujudkan perempuan yang berkualitas, terbebas dari bentuk diskriminasai dan tindakan kekerasan, melalui Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Natuna,"ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Natuna, Hj. Kartina Riawita, memaparkan tujuan kegiatan ini untuk mendorong terwujudnya pendidikan politik bagi perempuan, meningkatkan kesetaraan hak dan kewajiban dalam bentuk patisipasi perumusan kebijakan pemerintah dan mendorong perempuan untuk berpartisipasi dalam organisasi politik maupun organisasi social dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari, Sabtu pekan lalu dalam bentuk presentase dan tanya jawab. Dimana peserta yang ikut berpartisipasi diantaranya perwakilan dari Gabungan Organisasi Wanita, perempuan anggota Partai Politik dan Tokoh Perempuan,"pungkasnya.

Turut hadir sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Natuna terkait, pengurus Partai Politik Wilayah Kabupaten Natuna, Pimpinan Organisasi Perempuan dan para calon Anggota Legislatif Perempuan. (r/helmy ridar)

 

editor : helmy ridar

sumber : humas 

 

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« June 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30