humas karimun
humas karimun

LSM-LBM Meminta Inspektorat lebih intensif Awasi Kineja Kades di Lingga

Published in LINGGA
Written by  07 July 2018
Rate this item
(0 votes)

 

Ket Photo : Ilustrasi.

Lingga,(KT) - Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Bunda Melayu (LSM-LBM) meminta kepada Pemda dalam hal ini Inspektorat untuk intens melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Kades lingkup Pemkab Lingga. Hal itu dilakukan guna mengurangi terjadinya pelanggaran.

Hal tersebut dikatakan,Ketua LSM-LBM, Hairul Anwar kepada karimuntoday.com, Sabtu,(7/7/2018), Dia meminta ketika menyampaikan rekomendasi dari Inspektorat harus lebih tegas kepada Bupati. Hal ini dinilai sangat penting untuk memberikan efek jera kepada Kepala Desa yang melakukan pelanggaran dengan tetap mengacu kepada aturan perundang-udangan yang berlaku.

"Terkait program bantuan keuangan Dana Desa (Pusat) maupun Alokasi Dana Desa (APBD), kami harapkan agar dapat dilakukan pengawasan dan pembinaan, sehingga dalam implementasi dan penyelenggaraan pemerintah desa tidak terjadi masalah di kemudian hari’’ ujarnya.

Diketahui beberapa Minggu yang lalu inspektorat melakukan monitoring di empat desa yaitu Desa Kerandin, Desa Limbung, Desa Teluk dan Desa Pekake. Dari hasil pemeriksaan inpekstorat ditemukan banyak pelanggaran sehingga diminta untuk segera mengembalikan uang negara.

 "Inspektorat seharusnya rutin melakukan pemeriksaan jangan sampai masyarakat menilai inspektorat tebang pilih dalam pemeriksaan keuangan desa,” ucapnya

 Dan terakhir, pembinaan terhadap aparatur desa sangatlah penting untuk upaya pencegahan" terangnya. Adapun keempat Desa yang dilakukan pemeriksaan oleh inspektorat adalah Kepala desa yang dinon aktif semetara oleh bupati terkait permasalah terlibat dalam penerbitan surat kepemilikan lahan dari PT.CSA,” Tutupnya

Secara terpisah, Kepala Inspektorat Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai konfirmasinya, terkait permintaan LSM –LBM harus lebih tegas ketika menemukan adanya pelanggaran masalah keuangan ketika melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kepala desa sebagai pengelola dana desa, belum dapat dimintai tanggapanya.(*)

Penulis    : Lukman Hakim

 

Editor       : Helmy Ridar

karimuntoday.com

Cahaya.Asia

 

KALENDER BERITA

« July 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31